Tips Keselamatan Berkendara

Teknik Mengeringkan Kampas Rem Basah Usai Libas Banjir

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 12 Dec 2018 07:40 WIB
tips motorsafety drivingsafety ridingtips knowledge
Teknik Mengeringkan Kampas Rem Basah Usai Libas Banjir
Segera keringkan rem mobil setelah melewati banjir. Dok. MI

Jakarta: Jangan terlalu yakin dulu dengan kondii rem usai mobil Anda menerobos banjir, karena brake pads atau kampas rem yang basah menjadi licin dan bikin kemampuan pengereman akan berkurang. 

Hal ini ditegaskan Service Head Passenger Car Sun Star Motor Kudus, Sunarto, bahwa rem yang basah usai menerjang banjir cukup berisiko untuk dikemudikan.

Lebih lanjut Sunarto menerangkan, kemampuan pengereman yang berkurang karena kondisi brake pads yang terendam air tidak bisa langsung kering sehingga menjadi licin.
 
"Mengetahui brake pads basah atau tidak bisa diketahui dari bunyi. Jika timbul bunyi decitan ketika pedal rem diinjak berarti brake pads basah," kata Sunarto, kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sunarto menyarankan agar brake pads segera dikeringkan. Cara termudah adalah dengan menekan pedal rem berulang kali saat berjalan usai melintasi banjir atau genangan air.

"Mobil dijalankan dengan kecepatan rendah usai keluar dari genangan atau banjir. Saat mobil berjalan, injak pedal rem berulang kali agar brake pads cepat panas dan mengering," bebernya.


(UDA)