Tips Mudik Aman

Servis Mobil Pra Mudik dari Sekarang

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 10 Jun 2017 20:10 WIB
tips mudik
Servis Mobil Pra Mudik dari Sekarang
Jangan tunggu tntrean tadat servis mobil untuk mudik dari sekarang. NMI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian masyarakat memilih menggunakan mobil pribadi untuk mudik lebaran ke kampung halaman masing-masing. Sebelum perjalanan jauh, penting menjaga fisik pengemudi dan kondisi mobil yang prima. Sehingga tak jarang bengkel servis menyarankan agar mulai melakukan perawatan mobil beberapa pekan sebelum melakukan perjalanan mudik.

"Kalau mau servis mobil, silakan melakukannya dari sekarang. Kalau mendekati lebaran, biasanya akan mengalami antre panjang saat servis mobil," ucap Kiki, mekanik mobil yang praktek di bengkel Autopit di bilangan Bekasi Timur, Sabtu (10/6/2017)

Pria ramah itu pun berujar bahwa momentum puncak orang-orang melakukan servis mobil pada minggu ketiga dan kedua sebelum lebaran. "Pola ini sudah kita lihat melalui pengalaman dari lebaran tahun-tahun sebelumnya."

Selain itu, dengan tenggang waktu yang masih tersisa bisa mencegah persiapan yang terlupa/terlewat
saat servis mobil. "Servis ringan bisa dengan tune up, karena tune up merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pekerjaan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli."

Masyarakat juga dapat memanfaatkan program khusus untuk aftersales yang diberikan para agen pemegang merek (APM). Biasanya untuk menyambut mudik lebaran para APM memberikan potongan harga untuk layanan purna jual dan beberapa suku cadang.

Tentu saja kesempatan ini bisa dimanfaatkan bagi para calon pemudik yang ingin pulang kampung dengan mobilnya. Selain menghemat waktu, servis saat ini juga menghemat kocek.


(UDA)