Tips Knowledge

Bersih-Bersih Mesin Mobil, Biar Tetap Kinclong

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 26 Aug 2018 12:31 WIB
tips knowledge
Bersih-Bersih Mesin Mobil, Biar Tetap Kinclong
Trik membersihkan ruang mesin mobil. FocalOBD

Jakarta: Tidak ada salahnya memanfaatkan libur akhir pekan Anda untuk membersihkan mobil kesayangan. Namun bersih-bersih mobil jangan bagian luarnya saja. Ruang mesin juga perlu dibersihkan agar tetap kinclong dan menjaga performanya. 

Ada beberapa hal yang mesti dan wajib diperhatikan ketika membersihkan mesin mobil, karena tidak boleh sembarangan. Salah-salah malah bisa merusak komponen mesin. Berikut beberapa trik saat membersihkan jantung pacu.

1. Panaskan Mesin
Ada baiknya sebelum mencuci bagian mesin, panaskan mesin terlebih dahulu, setelah itu tunggu beberapa saat agar suhu mesin tidak terlalu panas saat dibersihkan. 

Akan lebih mudah jika mencuci mesin dengan kondisi hangat. Hal ini dapat membuat kerak-kerak lebih mudah dibersihkan, agar hasilnya lebih maksimal.

2. Tutup Bagian Bersifat Kelistrikan

Persiapkan alumunium foil atau plastik untuk membungkus perangkat kelistrikan di mobil. Hal ini untuk menghindari perangkat listrik tidak kemasukan air dan terjadi konsleting ketika mobil dihidupkan.

3. Bersihkan Kap Mobil
Bagian yang pertama harus dibersihkan adalah kap mesin. Agar kotoran yang ada menempel di balik kap mesin bisa rontok dan tidak menggangu mesin ketika sudah dibersihkan.

Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil untuk membersihkan bagian ini. Ssebaiknya tidak menggunakan air bertekanan untuk menjaga cat kap mobil.

4. Cuci Mesin
Gunakan air bersih untuk menyiram bagian mesinnya. Ingat untuk tidak menggunakan air bertekanan tinggi, karena dapat menimbulkan kerusakan di mesin.

Untuk membersihkan kotoran mobil yang menempel bisa menggunakan spon atau kuas. Jika ada kerak oli bisa melarutkannya dengan cairan khusus yang kini telah banyak di jual di pasaran.


(UDA)