Tips Knowledge

Komponen ini Wajib Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Ekawan Raharja    •    Kamis, 26 Jul 2018 06:19 WIB
tips mobiltips knowledge
Komponen ini Wajib Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh
Perlu diservis mobil sebelum perjalanan jauh. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Jelang perjalanan jauh, tentu mobil harus mendapatkan perawatan. Beberapa komponen harus diperhatikan agar kondisinya tetap prima dan kondisi mobil selalu siap digunakan.

Dikutip dari daring Suzuki, banyak orang-orang hanya memperhatikan pergantian oli. Padahal beberapa komponen lainnya juga perlu diperiksa kondisinya.

Radiator
Radiator merupakan komponen pendingin mesin yang wajib diperhatikan kondisinya. Komponen inilah yang bertugas untuk menjaga mesin tetap adem, dan menghindari risiko overheat.

Sebelum berangkat, pastikan memeriksa kondisi radiator. Mulai dari kipas radiator, tali kipas, hingga air harus dalam kondisi terbaik. Kalau dibutuhkan, tidak ada salahnya membawa air radiator cadangan untuk berjaga-jaga jika mobil tiba-tiba membutuhkan gara-gara air radiator yang kering.

Rem
Banyak yang bilang jika rem merupakan nyawa. Tidak berlebihan memang karena banyak kecelakaan disebabkan akibat rem blong di tengah jalan.

Mencegah hal ini, sangat disarankan untuk mengecek seluruh sistem pengereman. Dimulai dari kanvas rem, oli, atau minyak rem hingga pedal rem. Semua itu harus berfungsi dengan baik untuk menjamin keselamatan dan pengguna jalan lainnya selama perjalanan.

Kaki-kaki
Selain menunjang kenyamanan selama perjalanan, kaki-kaki berperan penting menunjang keselamatan selama perjalanan, terutama ban dan shockbreaker.

Sebelum berangkat, cek kembali kondisi kembangan ban mobil. Jangan sampai kondisinya sudah gundul. Selain itu disarankan untuk melakukan spooring-balancing, mengecek kondisi shockbreaker, dan komponen kaki-kaki lainnya.

Bagian Lampu dan Sein
Bagian lampu dan sein merupakan kompnen kelistrikan yang harus diperhatikan selain aki. Fungsinya hampir sama dengan rem dan kaki-kaki. Selain untuk menjamin kenyamanan selama perjalanan, lampu dan sinyal atau lampu sein berfungsi sebagai perangkat keselamatan.

Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh di akhir pekan ini, tidak ada salahnya mulai mempersiapkan mobil mulai sekarang.


(UDA)