Tips Knowledge

Mengapa Harus Turun dari Motor saat Isi Bensin?

Ekawan Raharja    •    Jumat, 23 Mar 2018 06:49 WIB
tips knowledge
Mengapa Harus Turun dari Motor saat Isi Bensin?
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Lucky R)

Jakarta: Di beberapa stasion pengisian bahan bakar (SPBU) memerintahkan kepada pengendara sepeda motor untuk turun dari motor dan mematikan mesin ketika mengisi bensin. Ternyata perintah ini tidak terlepas dari sistem keamanan untuk pengendara sepeda motor itu sendiri.

Shell B2C Lubricants Technical Manager Indonesia, Shofwatuzzaki, menjelaskan ini adalah prosedur untuk pencegahan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih ketika terjadi kebakaran bahan bakar mengingat bensin merupakan barang yang mudah terbakar.

"Di SPBU banyak kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan karena bahan bakar minyak (BBM) di sekitarnya mudah terbakar. Tindakan pencegahan dilakukan untuk prosedur keselamatan," ujar Shofwatuzzaki beberapa waktu lalu.

Zaki menjelaskan bensin membutuhkan pemantik untuk terbakar, dan mesin kendaraan bisa menjadi sumber pemantik. Didukung udara serta zat pembakaran, yakni bahan bakar minyak.

“Mesin juga wajib dimatikan. Ini menjadi standar keamanan di SPBU Shell seluruh dunia. Jadi meski agak merepotkan kami harapkan konsumen memahami tujuannya,” jelasnya.

Kemudian meski corong pengisian bensin berada di depan, dan bisa dijangkau tanpa harus pindah dari jok. Pengendara sepeda motor wajib turun dari sepeda motor sebagai perlindungan diri ketika terjadi kecelakaan.

Alasan konsumen disarankan untuk tidak berada di atas jok motor adalah untuk memberikan kesempatan bereaksi bila tiba-tiba ada keadaan darurat seperti kebakaran," tegas Zaki.


(UDA)