Tips Knowledge

Teknik Tepat Pegang & Putar Kemudi Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 25 Oct 2017 10:25 WIB
tips knowledge
Teknik Tepat Pegang & Putar Kemudi Mobil
Teknik aman memutar setir mobil ketika berbelok. Bcdriving

Metrotvnews.com, Jakarta: Cara memegang setir/kemudi harus tepat. Hal itu dilakukan agar mobil bisa dikendalikan dna dikontrol dengan baik. 

"Kemudi harus selalu kita pegang. Jangan pernah terlepas dari tangan karena bisa berbahaya," ujar pembalap serta instruktur safety driving, Rifat Sungkar saat berbincang dengan Metrotvnews.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Rifat, posisi paling aman untuk memegang kemudi adalah di posisi jam 9 dan jam 3. Jika terjadi kecelakaan, posisi tangan tidak akan menggangu airbag mengembang. Sehingga kantong udara bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, memutar kemudi ketika berbelok juga tidak bisa sembarang. Rifat juga membeberkan teknik ketika berbelok dinamakan hand over dan pull and push.

Teknik hand over dilakukan dengan meletakkan tangan secara menyilang di antara jam 9-3. Cara ini dianggap aman posisi tangan sedang berada di setir ketika melakukan manuver mobil.

Sementara itu, teknik pull and push dilakukan dengan menarik satu sisi lingkar kemudi dan mendorong sisi lainnya.

“Jika berbelok ke kanan, maka tangan kiri mendorong lingkar kemudi ke atas dan tangan kanan menarik ke bawah sisi sebelahnya,” tutup Rifat.


(UDA)