Tips Knowledge

Kenali Gejala Pompa Bensin Mobil yang Mulai Rewel

Ekawan Raharja    •    Selasa, 26 Dec 2017 19:48 WIB
tips knowledge
Kenali Gejala Pompa Bensin Mobil yang Mulai Rewel
Pompa bahan bakar yang bermasalah bisa menyulitkan saat perjalanan.

Jakarta: Fuel pump atau lebih akrab disebut pompa bensin mempunyai tugas untuk membuat tekanan bahan bakar sampai ke mesin. Tentu saja jika pompa bensin mulai lemah akan membuat masalah di mobil.

Efek sampingnya sudah jelas, mesin tidak bisa dinyalakan karena tidak ada asupan bahan bakar yang menuju ke mesin. Selain itu menurut Astra World menuliskan akan berpengaruh juga kepada pengkabutan dari injektor yang juga membutuhkan tekanan dari pompa bensin.

Mobil produksi di atas 2004, rata-rata menempatkan pompa bensin di dalam tangki bahan bakar bersamaan dengan filter bahan bakar. Fuel pump ini digerakkan oleh motor dinamo yang dialiri tegangan dari aki melalui kunci kontak, sehingga pompa bensin ini bekerja setelah kunci kontak di posisi ON.

saat kunci kontak di posisi ON maka akan terdengar bunyi denging di dalam tangki bakan bakar. Suaranya yang cukup pelan, bunyi denging ini akan sulit dikenali jika di sekitar mobil ada suara lain. Namun jika mendengarkannya di tempat yang sepi tentu bunyi denging akan terdengar dengan jelas.

Pengecekan awal yang bisa dilakukan sendiri adalah ubah posisi kunci kontak menjadi ON lalu dengarkan denging di dalam tangkinya. Jika tidak ada suara denging maka perlu di curigai kalau fuel pumpnya tidak bekerja.

Lalu cek juga komponen lain agar tidak salah diagnosa, seperti cek fuse EFI dan relay pompa bensin jika dipastikan kondisi baik. Kemudian starter sambil menyemprotkan carburator cleaner pada intake monifold jika mesin hidup, kemungkinan besar memang fuel pumpnya yang sudah lemah.

Usia fuel pump cukup bervariatif tergantung dari kualitas bahan bakar yang masuk ke dalam tanki bahan bakar. Proses pergantian fuel pump tergantung dari jenis mobilnya, ada yang bisa dilakukan tanpa menurunkan tangki bahan bakar dan ada juga yang harus menurunkan tangki bahan bakar.

Kebanyakan mobil jenis sedan bisa dilakukan hanya dengan melepas jok baris belakangnya saja. Namun untuk jenis mobil MPV dilakukan dengan menurunkan tangki bahan bakar karena tidak ada celah di atas tangkinya.

Ada sisi positif dengan menurunkan tangki bahan bakar, yakni sekaligus menguras bahan bakar yang ada di dalam tangki bahan bakar. Sehingga setelah mengganti dengan fuel pump yang baru, bahan di dalam tangki juga sudah benar-benar bersih.

Nah bagaimana dengan pompa bensin mobil anda? Masihkah bekerja dengan baik?


(UDA)