Jangan Sepelekan Sabuk Pengaman Bagi Penumpang Mobil

Ekawan Raharja    •    Selasa, 23 Aug 2016 19:48 WIB
safety driving
Jangan Sepelekan Sabuk Pengaman Bagi Penumpang Mobil
sabuk keselamatan wajib digunakan saat berkendara. Spares Box

Metrotvnews.com, Jakarta: Sabuk pengaman (seatbelt) merupakan salah satu komponen keselamatan di kendaraan roda empat atau lebih. Namun hingga saat ini masih banyak pengemudi dan penumpang mobil atau sejenis yang tidak menggunakan sabuk pengaman saat perjalanan.

Fungsi utama dari seatbelt adalah menahan badan agar tidak terkena benturan saat terjadi kecelakaan ataupun perubahan kecepatan secara mendadak saat perjalanan. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang wajib ada di mobil dan dikenakan selama perjalanan.

Perihal seat belt, sudah diatur di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009. Pasal 57 Ayat 1 dan ayat 3. "Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor. Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi kendaraan bermotor beroda empat atau lebih sekurang-kurangnya terdiri atas: sabuk keselamatan, ban cadangan dan segitiga."

Berlanjut ke pasal 60 Ayat 6, Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan.

Berdasarkan website resmi PT Toyota Astra Motor, Sabuk pengaman mampu mengurangi resiko kematian hingga 7 persen. Meskipun angka ini terbilang kecil, namun komponen keselamatan yang ini bisa saja menjadi penentu antara hidup dan mati penumpang saat terjadi kecelakaan.

Contoh kasus yang paling fatal saat insiden kematian menimpa Lady Diana di sebuah terowongan di Inggris. Lady Diana meninggal dunia setelah mobil yang ditumpanginya menabrak mobil lain dengan kecepatan tinggi. Diduga karena tak menggunakan sabuk keselamatan, semua orang yang ada di dalamnya, tewas.




(UDA)