Tips Knowledge

Oli Wajib Ganti Meski Mobil Jarang Digunakan

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 25 Feb 2018 11:07 WIB
tips mobil
Oli Wajib Ganti Meski Mobil Jarang Digunakan
Mobil jarang digunakan tetap harus ganti oli mesin. Braddock Motors

Jakarta: Banyak masyarakat Indonesia yang memiliki mobil, tapi jarang digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Biasanya mereka menggunakan mobil disaat tertentu saja seperti akhir pekan.

Alasan lain mobil jarang digunakan adalah tingkat kepadatan lalu lintas yang semakin membuat waktu perjalanan lebih lama. Alhasil banyak yang menggunakan motor atau alat transportasi umum.

Sudah pasti jarak tempuh mobil relatif rendah karena jarang digunakan. Jika seperti itu, apakah oli mesin tetap dibiarkan hingga mencapai angka kilometer sesuai jadwal servis, atau harus tetap diganti?

"Sebenarnya servis kendaraan itu ada patokan waktu dan jarak tempuh, mana yang tercapai lebih dulu. Untuk mobil yang jarang digunakan, disarankan tetap mengganti oli mesin," kata Service Advisor Nissan Sukamaju, Dian Triyagus.

Alasannya? Meski jarang digunakan, pelumas mesin tetap sudah terkontaminasi, meski kecil. "Itu juga sudah mempengaruhi kondisi kualitas pelumas mesin," lanjutnya.

Jika kondisinya demikian, maka patokan waktulah yang digunakan. Oli mesin tetap diganti sesuai jangka waktu, yakni maksimal enam bulan.


(UDA)