Tips Knowledge

Punya Mobil Listrik, Wajib Naikkan Daya Listrik di Rumah

Ekawan Raharja    •    Rabu, 01 Nov 2017 11:51 WIB
tips knowledge
Punya Mobil Listrik, Wajib Naikkan Daya Listrik di Rumah
Perhatikan daya listrik di rumah agar bisa kuat mengisi daya baterai mobil listrik. BMW

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil listrik saat ini mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia, mengingat pemerintah sudah sepakat untuk menggodok regulasinya. Bahkan Presiden RI, Joko Widodo sudah memberikan lampu hijau untuk mengembangkan mobil tersebut. Namun yang banyak dipertanyakan adalah daya sedot listrik jika melakukan pengecasan.

Lantaran fakta bahwa mobil membutuhkan daya listrik yang cukup untuk mengisi baterai, adalah hal yang harus diantisipasi. Jika anda berminat untuk memiliki mobil listrik, pastikan juga daya listrik di rumah anda kuat untuk mengisinya.

Product Specialist BMW Group Indonesia, Anindyanto Dwikumoro, menjelaskan daya listrik yang ada di rumah juga perlu diperhatikan sebelum membeli mobil listrik. Jangan sampai gara-gara mengisi daya baterai mobil listrik, listrik di rumah tidak kuat dan padam.

"Untuk i Wallbox (model charger ditempel di dinding) daya yang digunakan setidaknya 3.300-3.400 watt, Jadi kalau untuk rumah di Indonesia, paling tidak 4.400 watt," ujar Anin saat ditemui di BMW Training Center Serpong Tangerang Selatan.


Pengisian daya baterai BMW i8 dengan i Wallbox Plus. BMW

Selain model i Wallbox, ada juga model travel charger yang membutuhkan daya minimal 1.700-1.800 Watt. Travel charger ini digunakan ketika bepergian, sehingga pemilik mobil listrik bisa melakukan pengecasan selain di rumah.

Kemudian mengenai kemampuan pengisian daya ulang tentu setiap alat cas memiliki kemampuan yang berbeda-beda. BMW setidaknya memiliki tiga model, yakni i Wallbox plus, i Wallbox, dan travel charger.

"Kalau menggunakan i Wallbox, mengisi penuh baterai BMW i8 bisa dilakukan di bawah satu jam, dan i3 hanya 40 menit. Sedangkan model travel charger bisa memerlukan hingga tujuh jam,"

BMW juga membagikan i Wallbox Plus kepada setiap konsumen yang melakukan pembelian i8. Nantinya teknisi mobil asal Jerman ini bakal membantu instalasi i Wallbox di tempat yang diinginkan oleh pemilik mobil.


(UDA)