Tips Knowledge

Tangki BBM Penuh, Pikiran Tenang saat Kondisi Macet

Ahmad Garuda    •    Senin, 22 May 2017 12:40 WIB
tips knowledge
Tangki BBM Penuh, Pikiran Tenang saat Kondisi Macet
Isi full tangki bahan bakar setiap levelnya sudah berada di bawah setengah tangki. Dok MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Tangki bahan bakar kurang, terkadang menyebabkan seseorang panik dalam kondisi terjebak macet. Tak heran mereka yang mengalami hal ini, harus menempuh perjalanan lebih jauh atau malah kehilangan waktu yang demi bisa sampai ke SPBU terdekat.

Salah satu yang terlihat paling sering terjadi yaitu di Kota Jakarta. Kondisi lalu lintas dalam beberapa bulan terakhir, memang semakin parah. Bukan hanya di jalur-jalur arteri dari dan menuju ke Jakarta. Namun juga di jalur-jalur tol baik dalam maupun luar.

"Kalau sudah begini, biasanya orang-orang cenderung grasak-grusuk mencari SPBU terdekat, yang belum tentu pun ada dekat posisi terakhirnya. Makanya penting untuk selalu mengisi penuh tangki bahan bakar, agar tidak grasak-grusuk saat perjalanan," klaim instruktur Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra beberapa waktu lalu.

Bayangkan jika bbm di tangki tinggal 1 strip dalam kondisi seperti ini

Pria berkacamata itu juga menegaskan bahwa sisi positif lain ketika tangki bahan bakar penuh, juga turut merawat tangki bahan bakar. Alasannya adalah karena posisi tangki bahan bakar yang penuh, bisa meminimalisir ruang kosong yang ada dalam tangki. Mengingat kondisi ini bisa membuat ruang kosong tersebut dihinggapi material berupa air.

Itu sangat mungkin terjadi, lantaran di penutup tangki bahan bakar juga terdapat lubang udara, sehingga udara yang membawa titik-titik air, bisa saja masuk melalui lubah tersebut. Kalau sudah begitu, bukan hanya kondisi tangki bahan bakar saja yang bisa rusak, namun juga seal tutup tangki yang bisa mengeras.

Jadi, upayakan kondisi tangki bbm selalu terisi lebih dari setengah. Mengingat jika bahan bakar selalu berada di atas level itu, bakal membuat pikiran tenang saat beraktifitas harian, maupun dalam hal perawatan kondisi komponen kendaraan.


(UDA)