Perawatan Mobil

Car Detailing, Merawat Mobil Anti Repot

   •    Rabu, 12 Oct 2016 15:57 WIB
tips mobil
<i>Car Detailing</i>, Merawat Mobil Anti Repot
Melakukan perawatan mobil, bisa dengan perlindungan khusus selama 5 tahun. Passionatedetailerz

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak yang bingung dengan auto/car detailing dengan perawatan mobil. Lantaran dianggap sama saja, banyak yang memilih melakukan perawatan biasa di salon mobil. Tapi faktanya ini adalah hal yang berbeda.

Dari sisi biaya, memang car detailing jauh cukup mahal, jika dibandingkan perawatan mobil yang berkisar mulai dari harga Rp150 ribuan. Tapi kalau dikalkulasi secara jangka panjang, car detailing hanya membutuhkan sekali pembayaran di awal, dan berlaku hingga 5 tahun. Sementara perawatan mobil dilakukan paling tidak setiap 2 bulan sekali.

Kemudian dari sisi teknis, car detailing juga menawarkan perlindungan yang cukup tinggi. Bodi mobil atau bagian-bagian yang kelihatan dari sebuah mobil bakal diberikan pelindung khusus berupa zat khusus yang bisa melindungi mobil Anda. Perlindungan ini biasanya cukup ampuh untuk membuat mobil jadi lebih kebal terhadap goresan benda-benda tajam karena strukturnya lebih padat.

Sementara untuk perawatan mobil, hanya dilakukan pemolesan mobil dan waxing saja. Tidak ada lapisan khusus yang membuat cat mobil jadi lebih kebal dan tahan jika tergores benda-benda yang permukaannya lancip atau tajam.

"Kenapa kami rekomendasikan melakukan car detailing, karena ini efeknya jangka panjang. Perlindungan yang diberikan bukan hanya untuk keindahan dilihat karena warnanya lebih keluar, tapi juga karena alasan perlindungan cat dari kemungkinan tergores dan semacamnya. Kondisi inilah yang membuat mengapa car detailing lebih diutamakan ketimbang perawatan biasa saja," beber Sole Distributor Nano Ceramic Indonesia untuk wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah, Eddy Halim.

Karena perlindungan yang diberikan berkisar hingga 5 tahun, biasanya pengerjaannya pun membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Itu harus dikerjakan oleh tenaga profesional jika tak ingin mengalami cacat. Total waktu pengerjaan dari mobil masuk ke bengkel car detailing hingga bisa digunakan, minimal 2 hari. Tujuannya untuk membuat kondisi perlindungannya benar-benar matang dan siap melindungi.


(UDA)