Livestreaming

Tips Knowledge

Power Steering Hidrolis dan Elektris, Fungsi Sama Kinerja Beda

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 20 Sep 2016 13:03 WIB
tips knowledge
<i>Power Steering</i> Hidrolis dan Elektris, Fungsi Sama Kinerja Beda
Hydraulic Power Steering dan Electric Power Steering punya cara kerja yang beda. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Hydraulic Power Steering (HPS) dan Electric Power Steering (EPS) di rak kemudi mobil memiliki fungsi sama untuk meringankan putaran setir atau kemudi. Namun seperti namanya, perangkat ini punya prinsip kerja yang sangat berbeda.

Perbedaan yang mencolok adalah, terdapat tabung oli pada hydraulic power steering, yang berfungsi sebagai pompa, sehingga setir terasa lebih ringan dan mudah dikendalikan. Sistem ini perlu pengecekan oli rutin, agar tidak kosong karena bisa menyebabkan kerusakan power steering.

Electric Power Steering

Sementara, electric power steering bekerja menggunakan motor elektrik yang diubah dan disalurkan menjadi energi mekanik, sehingga membantu putaran/gerakan kemudi. Selain EPS punya karakteristik kemudi yang lebih optimal, juga bisa disesuaikan dengan kecepatan kendaraan dan kondisi kemudi.

EPS memiliki perangkat dan fungsi yang lebih canggih, jadi tak heran jika biaya perbaikan EPS terbilang mahal. Bila ada komponen yang sudah rusak, maka tak bisa diservis per komponen. Berbeda dengan HPS, biaya perawatannya lebih murah dan lebih mudah. Karena perangkat pada sistem ini hanya menggunakan oli untuk dapat bekerja dengan baik.

"Semua sistem power steering di mobil ada kurang lebihnya. Jika kita memperlakukannya dengan baik, mulai dari cara pemakaian hingga perawatan yang rutin, maka bisa membuat perangkat tersebut lebih awet," terang Mislam yang buka bengkel Speed Shop di daerah Bekasi Timur, Jawa Barat.


(UDA)