Safety Riding

Ini Bahaya Lampu Sorot Aftermarket

Rifki Rahman    •    Minggu, 16 Jul 2017 19:24 WIB
safety riding
Ini Bahaya Lampu Sorot <i>Aftermarket</i>
Penggunaan lampu yang terlalu terang dapat menganggu pengguna jalan lainnya. Alicdn

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengemudi dengan keadaan gelap membuat perasaan tidak nyaman akan bahaya. Kondisi ini membuat pengemudi tidak bisa memprediksi apa yang ada di depan. Seberapa jauh jarak jalan ketika ingin melalui tikungan, dan berbagai hal teknis lainnya.

Beberapa orang pun mengakalinya dengan memasang lampu utama LED atau HID. Jarak tembak yang jauh dan lumance yang dikeluarkan melebihi lampu utama bawaan pabrik, memang membuat jalan kendaraan Anda menjadi sangat terang.

Namun ini bisa jadi petaka bagi pengendara yang ada di lawan arah. Hal tersebut dikarenakan sifat cahaya yang keluar dari lampu LED atau aksesoris lampu sorot bersifat padat dan menutup jarak pandang dari awal berlawanan.

Tidak sedikit pengguna jalan yang mengeluhkan kondisi ini. Bahkan mereka menyatakan ketidaksukaan dan tidak nyaman secara terang-terangan melalui sosial media.

Kenapa ane begitu jengkel ama HID tanpa Projie gan..??? Terutama ama mobil-mobil yang se’enaknya main tembak. Ceritanya pas bulan puasa kemarin, bokap ane subuh-subuh nganter simbok (nenek) dari rumah (Pengasih) ke pasar Sentolo lewat Kaliagung.Yang kenal daerah situ pasti tau.. jalan lebar, banyak tikungan dan naik turun. Pas di tikungan ke kanan, bokap ane berpapasan ama mobil yang pake HID. Mungkin niatnya ngasih tau aja kalo dia mau lewat dengan isyarat “nembak”. Kontan saja mata bokap ane jadi buta sesaat, dan apes’nya lagi posisi di tikungan, alhasil gagal nikung dan dlosor terdampar di pinggir jalan. Motor ringsek bagian kanan, spion patah, sein dan headlamp baret retak. Tapi itu belum seberapa karena kaki dan dengkul kanan cidera parah. Beruntung pake helm fulface karena area dagu pun tak luput dari aspal, sehingga dagu hanya luka akibat benturan dengan “cakil” helm. Kadang ane kasian liat bokap kalo lagi sholat, kek’nya nahan sakit dibagian dengkul kalo pas duduk. Ngenes kan gan….


Faktanya memang banyak keluhan perihal lampu yang membuat mata menjadi silau ini. Padahal ada peraturan tentang penggunaan lampu pada kendaraan yang tertulis di perautan pemerintah republik Indonesia nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan yang salah satunya "Titik tertinggi permukaan penyinaran tidak melebihi titik tertinggi permukaan penyinaran dari lampu dekat. dipasang pada ketinggian tidak melebihi lampu standar dan ataupun melebihi ketinggian 800 milimeter."

Saat ini banyak akseoris pendukung untuk kendaraan anda, salah satunya adalah lampu sorot ini. harus ada jiwa sebagai pengendara yang bijak untuk dapat memilih barang yang memang dapat membantu atau dapat membahayakan diri sendiri atau pengendara lain.


(UDA)