Tips Knowledge

Parkir dan Nginap Lama, Hindari Penggunaan Rem Parkir

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 04 Sep 2017 09:40 WIB
tips knowledge
Parkir dan Nginap Lama, Hindari Penggunaan Rem Parkir
Teknik menggunakan rem parkir yang tepat. PanicMechanic

Metrotvnews.com, Jakarta: Prinsip kerja rem parkir memang sangat sederhana. Yaitu tinggal menarik atau menekan pedal/tombol (untuk mobil-mobil modern) dan mobil takkan goyah dari tempatnya. Tapi perlu diketahui, rem tangan punya peran yang sangat penting, yakni sebagai rem darurat yang berfungsi apabila rem utama mengalami rem blong.

Dikatakan sederhana, karena yang menghubungkan mekanisme tuas rem parkir dengan kampas rem belakang, hanya menggunakan tali baja/kabel sling. Ketika tuas rem tangan dioperasikan, maka kampas rem belakang/kiri dan kanan akan menahan tromol/cakram.

Yang menjadi pertanyaan adalah, kapan waktunya menggunakan rem ini? Umumnya, komponen ini digunakan untuk membantu pengereman saat mobil berhenti di tanjakan atau turunan, dan tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Mislam yang buka bengkel Speed Shop di daerah Bekasi Timur, Jawa Barat, menjelaskan, penggunaan rem tangan untuk jangka waktu yang cukup lama tidak disarankan, terutama di daerah yang kondisi cuacanya dingin, atau mobil yang sehabis melewati genangan air dan menerobos banjir.

Karena pada kondisi tersebut, dapat menimbulkan karat/kerak di kampas rem maupun tromol/cakram, sehingga bikin kampas rem lengket dan sulit lepas. Hal ini banyak dialami akibat penggunaan rem tangan untuk waktu yang lama, terutama mobil yang masih menggunakan rem model tromol.

Cara yang paling sederhana mengatasi masalah ini adalah, bebaskan tuas rem parkir dan hidupkan mesin, kemudian memaksa mobil berjalan/bergerak maju mundur. Jika kampas tidak terlalu lengket, maka akan mudah diatasi. Namun jangan kaget bila terdengar bunyi pukulan benda keras, karena itu pertanda kampas rem sudah tidak lengket lagi.

Bila cara tersebut tidak berhasil, dongkrak dan lepaskan roda belakang, kemudian pukul tromol dengan keras menggunakan palu, agar kampas rem yang lengket pada bisa lepas.

"Usahakan tidak menggunakan rem parkir lebih dari sehari saat parkir, dan pastikan mobil Anda tidak habis menerjang genangan air yang menyebabkan kampas rem/tromol basah. Jika parkir mobil lebih dari sehari disarankan menggunakan bantalan dari kayu/batu untuk mengganjal mobil, guna mencegah kampas rem lengket," terang Mislam.

Sementara mobil yang menggunakan transmisi otomatis, jika ingin memarkir mobil dalam waktu lama, cukup menggeser tuas transmisi ke posisi parkir (P) tanpa perlu menarik tuas rem tangan. Sementara, untuk mobil yang menggunakan transmisi manual, disarankan untuk memasukkan gigi/perseneling (posisi gigi satu) ketika mesin sudah dimatikan, terutama parkir di jalan miring.


(UDA)