Tips Mobil

Lima Poin Penting Saat Ingin Beli Mobil Bekas

Ekawan Raharja    •    Rabu, 13 Sep 2017 19:44 WIB
tips mobil
Lima Poin Penting Saat Ingin Beli Mobil Bekas
Calon pembeli melihat mobil bekas yang dijual di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, Rabu (24/7). MI/Ramdani

Metrotvnews.com: Mobil bekas terus memiliki pasar sendiri. Banyak alasan orang memilih mobil bekas, tentu sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhannya.

"Membeli mobil bekas memiliki beberapa keunggulan. Secara harga lebih murah dibandingkan mobil baru, kemudian penyusutannya tidak sebesar mobil baru, kemudian jika membayar asuransi atau pajak juga lebih murah," ujar General Manager Blue Bird Used Car, Hery Sugiarto, di acara Tips Memilih Asuransi Online dan Mobil bekas yang diselenggarakan Mobil123.com pada Rabu (13/9/2017).

Tentu untuk membeli mobil bekas diperlukan perlakukan khusus, tentunya agar mendapatkan mobil dengan kondisi terbaik. Berikut lima poin yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas dari Hery.

1. Cek Eksterior
Pertama kali yang harus dilakukan pertama kali adalah memeriksa kondisi eksterior. Pastikan kendisi eksterior dalam kondisi baik sebelum membeli mobil. Calon pembeli bisa memeriksa bagian body mobil dan juga kondisi cat. Kemudian jangan lupa memeriksa bagian ban dan juga kaki-kaki.

2. Cek Mesin

Berlanjut untuk memeriksan bagian sektor mesin. Jangan sampai mobil yang akan dibeli banyak mengalami permasalahan. Hal yang paling pertama adalah memeriksa kap mesin, apakah ada kondisi penyok atau karat bekas kecelakaan.

Kemudian perhatikan selang-selang, karet, dan juga sabuk-sabuk di mesin. Jangan sampai ada bagian-bagian yang bocor atau juga karatan. Periksa juga kondisi oli transmisi. Pastikan warna oli masih berwarna merah jambu atau merah sebagai pertanda transmisi masih kondisi baik.

3. Cek Interior
Masuk ke dalam mobil, waktunya memeriksa interior. Pertama yang harus diperhatikan kondisi jok. Pastikan jok dalam kondisi baik, tidak ada sobekan, lubang, noda, atau kerusakan lainnya. Setelah itu nyalakan AC. Rasakan kondisi pendingin, dan pastikan masih bekerja dengan baik

Khusus untuk mobil-mobil yang sudah diatur secara elektronic, lihat bagian panel indikator. Lihat secara seksama tidak ada indikator tanda peringatan atau suara ketika menyalakan mobil, atau saat mobil sudah menyala.

4. Test Drive

Jangan sungkan untuk mencoba performa mobil ini. Rasakan kondisi mobil secara langsung dengan mengendai mobil ini di jalanan. Untuk memeriksa rem, coba lakukan teknik rem mendakdak. Hanya saja jangan sampai ban selip. Saat berkendara, rasakan guncangan yang terjadi di dalam mobil. Pastikan suara mesin masih halus dan tidak ada sendatan berlebih.

5. Surat-Surat Kendaraan
Meski sepele, surat-surat kendaraan jangan pernah dilupakan. Periksa STNK dan pajak sudah dibayarkan. Kemudian periksa BPKB. Pastikan sesuai dengan STNK dan mobil. Nah sudah tahu beberapa hal yang harus diperiksa saat membeli mobil bekas. Selamat memilih mobil bekas.


(UDA)