Tips Knowledge

Begini Cara Aman Menegakkan Motor Tipe Tipe Sport

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 20 Sep 2017 08:55 WIB
tips knowledge
Begini Cara Aman Menegakkan Motor Tipe Tipe Sport
Langkah mudah mendirikan motor tipe sport yang jatuh dengan lebih mudah dan aman. Cycleworld

Metrotvnews.com: Pernahkah Anda coba menegakkan motor yang posisinya terjatuh? Bagi mereka yang tubuhnya besar dan sedikit kekar, mungkin takkan jadi masalah besar. Tapi bagi mereka yang posturnya tidak terlalu besar, ini menjadi sebuah kesulitan yang luar biasa, terlebih tipe motor tersebut adalah motor sport.

Kalau dicermati, mendirikan sepeda motor yang terjauh juga ada triknya. Cara ini lebih mudah dan aman bagi badan, ketimbang cara konvensional. Lantaran tidak membuat Anda membungkuk dan menariknya.

Cycleworld membeberkan cara mudah mendirikan sepeda motor yang terjatuh. Selain untuk motor kecil, trik ini juga bisa untuk mendirikan motor besar.

Langkah pertama matikan mesin dan kontak jika mesin masih hidup dan pastikan transmisi masuk gigi (tidak netral). Belokkan setang ke arah jatuh motor, misal jatuh ke kiri belokkan ke kiri dan sebaliknya.

Langkah kedua belakangi motor dan posisikan bokong pada bagian tengah jok. Ketiga, dengan setengah jongkok dan memegang setang. Jika arah jatuh kekiri, pegang setang sesuai arah jatuh dengan tangan kanan.

Keempat, gunakan tangan lainnya untuk memegang bagian rangka, sasis atau bodi sepeda motor pada bagian yang paling rendah yang Anda bisa pegang.

Langkah terakhir, posisikan kaki dalam jarak dekat. Posisi dagu harus lurus ke depan bukan ke bawah (untuk memberi kekuatan dan menghindar cidera punggung). Lalu dorong dengan kaki dan bokong sampai motor berdiri.

Pastikan saat mendorongnya, lakukan dengan perlahan-lahan. Jika sepeda motor sudah tegak, turunkan standar samping dan selesai. Mudah dan punggung bebas dari cidera.


(UDA)