Perilaku Berkendara

Kebiasaan yang Bisa Bikin Kopling Cepat Rusak

Ekawan Raharja    •    Jumat, 04 Jan 2019 13:55 WIB
tips mobiltips knowledge
Kebiasaan yang Bisa Bikin Kopling Cepat Rusak
Ada beberapa kebiasaan pengemudi yang membuat kopling cepat rusak. Your Mechanic

Jakarta: Kopling merupakan bagian penting di mobil untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Khusus untuk mobil bertransmisi manual, terdapat kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kopling cepat rusak.

Ada banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan kopling cepat rusak. Hal pertama yang menyebabkan kopling cepat rusak adalah kebiasaan melepas dan menginjak kopling dengan cara yang sangat kasar.

Hal tersebut terjadi karena saat melepaskan pedal kopling, transmisi mobil belum berpindah dan terdengar bunyi kasar pada kopling. Oleh karena itu sebagai pengendara harus memperhatikan keselarasan pedal kopling dengan perpindahan transmisi mobil.

Penyebab kopling mudah rusak selanjutnya adalah terlalu sering menginjak pedal kopling. Menginjak kopling mobil di sepanjang perjalanan adalah salah satu hal yang  bisa menyebabkan kopling cepat rusak.

Ini sangat sering terjadi bagi pengemudi yang malas mengangkat kakinya dari pedal kopling ketika sudah tidak diperlukan lagi. Akibatnya proses aus bantalan rilis dan pelat kopling mobil cepat mengalami kerusakan.

Selain itu menginjak pedal kopling pada mobil setengah-setengah juga bisa merusak kopling. Dimana hal tersebut bisa membuat komponen dalam sistem kopling terurai dengan cepat. Biasanya yang pertama kena imbasnya adalah pelat kopling. Bahkan yang lebih ekstrim lagi kopling bisa tercium bau hangus.

Nah itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab kopling cepat rusak. Jangan sekali-kali mencoba kebiasaan buruk tersebut, Perlakukan dan rawatlah kopling mobil Anda dengan baik. Supaya kopling bisa awet dan tak cepat rusak.


(UDA)