Safety Riding

Dengar Musik saat Bermotor, Bisa Picu Kecelakaan

Ekawan Raharja    •    Senin, 31 Dec 2018 12:44 WIB
safety ridingtips knowledge
Dengar Musik saat Bermotor, Bisa Picu Kecelakaan
Jangan gunakan earphone untuk mendengarkan lagu ketika sedang berkendara. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Banyak pengendara sepeda motor mendengarkan musik melalui earphone ketika berpergian. Padahal, cara ini jelas-jelas dilarang oleh pemerintah melalui Undang-Undang.

Melalui akun instagram Kementerian Perhubungan (@Kemenhub151), menjelaskan kalau menggunakan earphone untuk mendengarkan musik saat mengendarai motor sama saja mengurangi konsentrasi berkendara. Karena earphone dapat mengurangi fungsi pendengaran yang seharusnya 100 persen berjaga mendengarkan berbagai suara.

Ketika telinga mendengarkan lagu maka suara klakson pun bisa tak terdengar. Padahal klakson dibunyikan untuk peringatan yang perlu diperhatikan oleh kita.

Padahal pengendara harus terus berkonsentrasi penuh ketika mengendarai sepeda motor. Hal ini tertuang di UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 106. “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh kosentrasi.”

Kemudian ketika berkendara sambil mendengarkan lagu bisa membuat pikiran berimajinasi. Sehingga konsentrasi ketika berkendara juga berkurang, dan ini membuat pengendara tidak awas di jalan raya.

Nah sudah tahu kan bahayanya. Jangan mendengarkan musik lagi yah ketika berkendara!
 



(UDA)