Tips Knowledge

Mobil Diesel Isi Bensin? Ini Efek Buruknya

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 13 Oct 2017 08:11 WIB
tips mobil
Mobil Diesel Isi Bensin? Ini Efek Buruknya
Salah isi bahan bakar, garansi mobil tak berlaku. Thoughtco

Metrotvnews.com, Jakarta: Peristiwa salah mengisi jenis bahan bakar sebenarnya jarang terjadi, kecuali petugas SPBU lalai sehingga salah mengisikan jenis bahan bakar. Namun di satu sisi, sang pemilik mobil tidak menyadarinya karena tetap duduk di dalam mobil.

Jelas karena bahan bakar yang tak sesuai, mesin akan ngadat dan mobil langsung mogok. Jika mengetahui sejak awal salah mengisi bahan bakar, sebaiknya jangan hidupkan mobil dan panggil bengkel untuk penanganan pertama.

"Karakter combusion chamber kedua mesin ini sangat beda. Diesel pembakarannya dengan tekanan, kompresi. Sedangkan mesin bensin dengan letupan busi," kata After Sales Service Division Head of Astra Isuzu, Heri Wasesa.

Ketika salah isi, mobil jangan dinyalakan atau coba di-starter. Kalau pun sudah sempat dijalankan, maka efeknya akan ada gejala knocking. "Karena bensin sifatnya lebih mudah terbakar, jadi dia meledak sebelum waktunya," tambahnya.

Jika mesin sempat di-starter efeknya injeksinya akan rusak. "Karena sifat solar selain sebagai bahan bakar, dia juga sebagai pelumas. Kalau bensin ya bahan bakar saja," timpal Anjar Kisworo, Service Dpt. Head Astra Isuzu di Sunter, Jakarta Utara kemarin.

Dan yang harus diingat adalah, kerusakan akibat kesalahan pengisian bahan bakar, tidak termasuk dalam garansi pabrikan. Otomatis konsumen harus menanggung biaya perbaikan kendaraan sendiri.


(UDA)