Tematis Tips Aki

Cek Aki Secara Berkala, Perpanjang Usia Pakai

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 28 Sep 2016 09:46 WIB
tips mobil
Cek Aki Secara Berkala, Perpanjang Usia Pakai
Cek aki dengan rutin perpanjang usia pakai. Elcomercio

Metrotvnews.com, Jakarta: Penting merawat aki pada mobil sebagai sumber listrik, agar kondisinya selalu prima. Selain itu tujuan utama merawat aki adalah untuk memperpanjang usia pakai serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jika bermasalah bisa merembet ke komponen lain sehingga mesin mobil tidak dapat dinyalakan atau jadi mogok.

Manager Bosch Dedy Ismanto mengatakan, penting merawat aki, salah satunya dengan menjaga ketinggian permukaan elektrolit aki atau cairan aki pada level yang cukup. Jika berkurang dan permukaan air mendekati low maka harus segera ditambah. Penyebab cairan berkurang karena terjadi penguapan.

Selain itu menjaga kebersihan permukaan secara berkala, khusunya di bagian terminal aki, jika berkerak atau biasa yang disebut korosi, segera bersihkan. Caranya cukup mudah, gunakan air panas, kemudian siram terminal aki yang mengalami korosi.

"Untuk melakukan pengecekan terminal aki ini bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus dibawa ke bengkel. Jika terjadi endapan di bagian terminal, ada baiknya dibersihkan dengan cara melepas kabel yang menempel di terminalnya dan menyeka endapan menggunakan lap kering. Kemudian pasang kembali kabel lengkap dengan penutup terminal untuk mencegah terjadinya pengendapan lebih cepat," jelas Dedy.

Jika sudah selesai dibersihkan, jangan lupa untuk mengencangkan baut di terminal aki, usahakan jangan sampai kendur. Karena akan berpengaruh dengan listrik yang disalurkan untuk kebutuhan mobil.

Baca juga artikel sebelumnya:
Cegah Terminal Aki Korosi agar Mobil Tidak Mogok
Kenali Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering
Kenali Jenis Aki Mobil, Sebelum 'Meminangnya'


(UDA)