Wiper Juga Butuh Perhatian

   •    Rabu, 24 Aug 2016 13:50 WIB
tips mobil
<i>Wiper</i> Juga Butuh Perhatian
Pahami gejala wiper yang tak layak pakai, agar kaca mobil Anda tak tergores. Bosch

Metrotvnews.com, Jakarta: Wiper atau penghapus air di permukaan kaca mobil, seringkali dianggap sepele. Padahal jika kondisi hujan, wiper yang sudah rusak atau tak layak pakai lagi membuat berkendara jadi tak nyaman. Itu sebabnya mengapa komponen ini harus selalu diperhatikan. Lalu apa saja ciri-ciri wiper yang tak layak pakai lagi atau sudah harus diganti baru?

Perlu dipahami, ada beberapa gejala utama yang bisa digaris bawahi. Di antaranya adalah kerusakan yang dapat dilihat, kemudian kerusakan yang dapat didengar dan kerusakan yang dapat dirasakan. Untuk yang dapat dilihat, sudah jelas.

Komponen karet wiper terlihat terbelah, retak, karat, berubah bentuk dan banyak penumpukan benda-benda asing di sana. Untuk gejala dari suara adalah terdengar suara atau getaran pada saat dioperasikan. Kemudian yang dapat dirasakan yaitu saat menyentuh karetnya, sudah terasa keras dan tak lagi mampu menyapu air.

"Kalau salah satu gejala ini sudah mulai muncul pada wiper mobil Anda, sebaiknya mulai siap-siap untuk ganti wiper. Karena kalau diabaikan, bisa membuat kaca mobil malah mengalami kerusakan. Misalnya tergores dan lain sebagainya. Tapi jika hanya terjadi penumpukan kotoran atau benda asing di sana, cukup membersihkannya dengan cara mengangkat wiper lalu mencucinya," papar Yudi, pemilik bengkel mobil dan aksesoris di Bekasi Barat.

Ia menambahkan bahwa harga wiper yang dijual di pasaran, mulai Rp45 ribu-Rp95 ribu. Untuk yang merek bagus seperti Denso ukuran standar, dijual seharga Rp75 ribu, sedangkan untuk ukuran yang agak panjang seperti Innova dan Avanza dijualnya Rp85 ribu-Rp95 ribu.

“Kalau wiper yang universal (bisa untuk semua mobil) itu buatan Taiwan. Saran saya untuk lebih tahan lama dan bagus pakai merek berbahan rubber atau silicone, karena sudah seperti kualitas ori,” tutup Yudi.


(UDA)