Tips Knowledge

Bawa Barang di Atas Mobil, Ubah Gaya Berkendara

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 22 Dec 2017 14:46 WIB
tips knowledge
Bawa Barang di Atas Mobil, Ubah Gaya Berkendara
(Ilustrasi) Titik berat mobil berubah, ubah cara Anda membawa mobil. E90post

Jakarta: Musim mudik Natal dan Tahun Baru sudah mulai berlangsung. Pemudik pastinya akan membawa banyak barang bawaan, entah itu oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, atau barang pribadi. Jika sudah begini rasanya bagasi mobil pun akan terasa kurang besar.

Solusi praktisnya banyak pemudik meletakkan barang bawaan di atas atap kendaraan. Lupakan trik ikat mengikat barang bawaan dengan tali lalu ditutupi terpal yang jauh dari unsur safety, karena saat ini sudah banyak penjual roofbox sebagai bagasi tambahan mobil.

Jika Anda memang akan memasangkan roofbox, sebaiknya harus lebih waspada. "Secara tidak langsung, memasang roofbox itu memindahkan bobot lebih ke atas, dan ini memang harus memerlukan kesiapan kendaraan itu sendiri," buka Founder Rifat Drive Lab, Rifat Sungkar. 

Maka bagi mobil yang sudah dipasang roofbox sebaiknya ubah perilaku berkendara, misalnya jangan buat angle steer yang besar saat di tikungan. "Caranya manfatkan lebar jalan, seperti racing line saat balapan," kata Rifat. Kemudian kecepatan menikung harus dikurangi jika dibanding saat tidak terpasang roofbox.

Tak kalah penting, untuk meyesuaikan tekanan angin di keempat roda kendaraan. "Patokannya lihat di dekat pintu pengemudi, ada informasi tekanan angin yang disarankan. Pakai ukuran saat bobot kendaraan penuh," sarannya.

Kemudian bagi Anda yang baru akan menebus roofbox, jangan pilih dari besar-kecilnya ukuran. "Sesuaikan dengan dimensi mobil, jangan mobil kecil tapi roofbox besar, malah jadi seperti dua mobil ditumpuk nanti," beber Rifat.

Hal ini berkaitan pula dengan kekuatan pilar A,B,C,D mobil yang biasanya jadi dudukan roofbox. "Setiap mobil kekuatan pilarnya berbeda-beda, jadi sesuaikan ukuran roofbox, maksimal panjangnya setengah dari panjang bodi mobil."


(UDA)