Tips Knowledge

Gegabah Pilih Sampo, Cat Mobil Bisa Kusam

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 03 Nov 2017 19:56 WIB
tips knowledge
Gegabah Pilih Sampo, Cat Mobil Bisa Kusam
Mencuci mobil jangan menggunakan sabun, sampo dan deterjen sembarang. Holtsauto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencuci mobil jangan menggunakan sabun, sampo dan deterjen sembarangan. Sebab ketiganya bisa menyebabkan cat dan kaca mobil jadi kusam.

Menurut Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, efek penggunaan sampo, sabun dan deterjen dengan pH/derajat keasaman yang melebihi/kurang dari batas normal, bisa mengikis lapisan kaca dan bodi mobil.

"Gunakan sampo/cairan khusus pembersih mobil dengan pH normal yang ditetapkan, yakni 7,0. Derajat keasaman terlalu tinggi bisa menyebabkan bodi mobil kusam dan kaca mobil timbul seperti pelangi," kata Anjar, saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Anjar memberi contoh, mobil yang parkir di bawah pohon dan terkena getahnya atau kotoran burung yang menempel bisa membuat kusam, karena derajat pH keduanya terlalu asam. 

Jika mobil Anda mengalami hal seperti itu, disarankan segera mungkin untuk membilas dan membersihkannya, untuk menjaga warna menjadi lebih awet serta tidak cepat kelihatan kusam. 

Sebaiknya mengunakan sampo khusus mobil jika tunggangan kesayangan Anda benar-benar kotor. Lalu, Anda harus rajin memeriksa kebersihan engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil dan tepi kap mesin. Sebab di bagian-bagian tersebut air hujan atau bekas cucian sering tertinggal.


(UDA)