Tips Mobil

Air Mineral Bikin Radiator Cepet Rusak

Ekawan Raharja    •    Minggu, 29 Jul 2018 17:38 WIB
tips mobil
Air Mineral Bikin Radiator Cepet Rusak
Jangan sembarangan memasukan cairan ke radiator.

Jakarta: Radiator memiliki peranan penting untuk mendinginkan mesin mobil. Cuma untuk komponen satu ini, jangan sembarangan memasukan cairan ke radiator.

President & CEO PT Topindo Atlas Asia, Arief Gunadibrata, menjelaskan air mineral atau air bening biasa, tidak baik untuk radiator. air mineral yang dipanaskan dikisaran suhu 80-90 derajat celcius akan berkerak dan mengendap, ini terjadi di dalam mesin, sehingga bisa menyebabkan karat, sampai terjadinya penyumbatan terhadap radiator.

“Air mineral baik untuk tubuh manusia, tetapi tidak baik untuk radiator mobil, karena air mineral yang dipanaskan pada suhu tertentu bisa bikin kerak sehingga menyebabkan karat,” ujar Arief kepada Medcom.id.

Dia juga menjelaskan kalau radiator sebaiknya di isi dengan air khusus radiator. Karena air ini tidak mengandung mineral dan tidak akan mengerak.

“Air yang bagus buat radiator adalah yang dihasilkan melalui proses kondensasi/pengembunan, seperti air dari tetesan AC. Proses kondensasi/pengembunan ini juga dilakukan untuk membuat produk radiator,” lanjutnya.

Diingatkan juga untuk melakukan pergantian radiator secara rutin. Setiap enam bulan atau 40 ribu kilometer, air radiator harus di kuras dan diganti yang baru.


(UDA)