Tips Knowledge

Kampas Aus, Sebabkan Kopling Selip

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 08 Sep 2018 16:05 WIB
tips knowledge
Kampas Aus, Sebabkan Kopling Selip
Kampas kopling yang sudah aus bikin tenaga mesin loyo. Thetacticalbusiness

Jakarta: Terkadang motor kesayangan yang dikendarai bisa terkena berbagai masalah. Salah satu masalah yang menghinggapi adalah kopling selip. Biasanya kondisi ini terjadi saat memindahkan gir atau pindah transmisi kendaraan, namun nyatanya transmisi tidak berpindah.

Hal ini tentu saja akan berpengaruh saat berkendara, dan akan terjadi engine brake. Yosi, mekanik sekaligus pemilik bengkel motor Bengbrand di Bekasi Timur menjelaskan, kopling slip terjadi karena kampas kopling yang sudah habis.

Menurut Yosi, Kampas kopling bisa menyebabkan gerigi penggerak pada transmisi kendaraan tidak bisa bekerja dengan baik. Sehingga perpindahan gigi menjadi meleset.

"Selip kopling bisa terjadi karena banyak hal. Namun biasanya yang penyebab utamanya adalah kampas kopling yang sudah aus. Cukup diganti dan masalahnya kelar," ujar pebengkel ramah ini saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Yosi melanjutkan bahwa kampas kopling yang habis, tak memberikan dampak kerusakan ke komponen mesin yang lain. Hanya saja tenaga motor kesayangan bakal berkurang karena kinerja gir tidak sempurna.

Jadi sudah tahu penyakitnya? jangan tunda mengganti kampas kopling jika sudah terjadi gejala tersebut. Biar aman dana nyaman saat berkendara.


(UDA)