Tips Mudik Aman

Pasang Roofbox? Awasi Gerbang Tol

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 04 Jun 2017 15:32 WIB
mudik lebaran 2017
Pasang <i>Roofbox</i>? Awasi Gerbang Tol
Mobil dengan roofbox di atasnya. foto: caranddrver & Antara

Metrotvnews.com: Pulang mudik tentu kurang afdol bila tanpa membawa oleh-oleh. Ada oleh-oleh untuk orang tua, kakek, nenek, para keponakan, paman, kakak, adik, tetangga dan teman-teman yang masing-masing tidak cuma satu orang. Banyak oleh-oleh, banyak kegembiraan.

Demikianlah tradisi mudik lebaran di Indonesia. Masalahnya semakin banyak oleh-oleh, pasti makin banyak pula barang yang kita bawa. Bila ditambah logistik untuk perjalanan dan barang-barang pribadi, boleh jadi bagasi mobil sudah tidak muat lagi. Solusi sederhana adalah membuat bagasi tambahan di atap, alias roofbox.

Memasang roofbox untuk perjalanan jarah jauh dengan banyak barang bawaan adalah pilihan yang lebih masuk akal. Bandingkan dengan menumpuk tas atau kardus di atap mobil lalu mengikatnya dengan terpal yang rawan jatuh dan oleh-oleh pun jatuh berhamburan di jalan. Bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Untuk ukuran barang yang hanya sesekali dipakai, harga roofbox baru memang tergolong tinggi. Berkisar mulai Rp 2 juta hingga belasan juta rupiah tergantung model, kapasitas angkut dan daya tahannya. Namun toh ada yang bekas juga persewaan roofbox.

Baik membeli, menyewa atau meminjam roofbox sesuai kebutuhan, ada hal lain yang perlu Anda waspadai setelah memasangnya. Tinggi keseluruhan mobil dan tinggi gerbang tol. Keberadaan roofbox otomatis membuat mobil bertambah tinggi. Sementara tinggi gerbang tol untuk mobil pribadi yang mungkin Anda sehari-hari lalui cuma 2,1 meter.



Kebanyakan roofbox tingginya kurang lebih 40 centimeter. Bila ditambah jarak antara bidang atap dengan bagian dasar roofbox yang ditopang crossbar dan roofrail yang kira-kira 10 centimeter, maka tinggi fisik keseluruhan mobil setelah dipasang roofbox rata-rata 50 centimeter lebih jangkung dibanding sebelumnya.

Anda mudik berkendara Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga atau Honda Mobilio yang tingginya sekitar 1,6 meter? Maka setelah ditambah roofbox tingginya menjadi 2,1 meter. Bila diasumsikan tinggi mobil berkurang akibat beban, maka masih bisa lewat di bawah batang portal yang digantung di depan gerbang.

Toyota Innova yang 1,76 meter menjadi 2,25 meter tingginya dengan roofbox di atap. Mitsubhisi Pajero yang 1,8 meter akan jadi 2,3 meter. Nissan Evalia yang tingginya 1,85 meter menjadi 2,35 meter. Begitu seterusnya. Tinggi dalam artikel ini dengan asumsi mobil dalam kondisi kosong dan masih standart, belum bodylift atau memakai ban lebih tebal dibandingkan bawaannya.

Bila tinggi mobil sudah melebihi 2,1 meter, terlalu riskan bila mengantri di gerbang tol untuk kendaraan kecil. Antrilah di gerbang tanpa portal pembatas, seperti yang dimasuki bus penumpang.

Selamat mudik dan berbagi oleh-oleh.
 


(LHE)