Tips Mudik Aman

Mudik Pakai City Car, Perhitungkan Kapasitas Bagasi

Ekawan Raharja    •    Jumat, 23 Jun 2017 18:42 WIB
tips mudik
Mudik Pakai City Car, Perhitungkan Kapasitas Bagasi
New Nissan March sanggup menampung hingga enam koper, tanpa roofbox, untuk dibawa mudik. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Jutaan orang Indonesia melalukan mudik menuju kampung halaman jelang Idul Fitri 1438 H. Tak pelak mereka menggunakan mobil pribadi, meski berjenis city car sekali pun.

Tentu mudik dengan mobil mungil tidak bisa membawa barang sebanyak mobil multi vehicle purpose (MPV) atau pun sport utility vehicle (SUV). Penumpang harus pintar-pintar memilih barang bawaan dan mengaturnya agar bisa terangkut di mobil.

Tim metrotvnews.com melakukan simulasi seberapa lega bagasi yang disediakan mobil dengan dimensi mungil ini. Kami mencobanya di mobil New Nissan March. Jika menilik ukuran mobil mungil ini, dimensi New March terdiri atas panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.525 mm. Menilik ke dalam mobil, New March bisa menampung hingga lima orang penumpang.

Kemudian mobil ini masih menyediakan bagasi di bagian pintu belakang. Setelah dicoba, bagasi di belakang sanggup menampung empat koper berukuran 20-21 inci (koper ukuran kabin pesawat). Atau bagasi ini sanggup menampung dua koper 20-21 inci dan sebuah koper berukuran 27 inci.

Namun jika anda mudik hanya dua orang dengan city car, maka ruang bagasi bisa dibuat lebih besar. New March memiliki fitur melipat jok tengah sehingga menambah kapasitas bagasi.

Kami mencoba konfigurasi kabin ini muat untuk dua koper berukuran 27 inci dan empat koper 20-21 inci. Sengaja hanya memasukan dua koper berukuran 27 inci dalam kondisi tertidur, karena jika memakasakan empat koper ukuran besar dalam kondisi berdiri maka akan menganggu spion tengah untuk melihat ke belakang.

Alternatif lain jika mudik tetap dengan posisi empat-lima penumpang dan membutuhkan bagasi yang lebih luas, roofbox bisa menjadi pilihan. Konsumen bisa memilih roofbox yang sesuai dengan kebutuhan dan memastikan tidak meletakan barang yang terlalu berat di atap.

"Pilih barang yang ringan-ringan untuk diletakan di roofbox. Jangan sampai dengan adanya tambahan roofbox membuat aerodinamis mobil terganggu dan titik beban mobil berpindah. Hindari menaruh barang berat seperti kunci-kunci, dongkrak, atau barang berat lainnya di atap mobil," ucap Senior Instruktur Indonesia Road Safety (IRSA), Poedyo Santosa, beberapa waktu lalu di Aston Suite Kuningan Jakarta.

Roofbox yang digunakan kali ini adalah Whale Toba. Roofbox merek lokal ini memiliki dimensi panjang 1340 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 330 mm.

Alasan dipilihnya Roofbox Whale Toba karena bentuknya yang slim dan tidak terlalu tinggi. Ketika di coba melintasi jalur gerbang tol otomatis (GTO), mobil ini masih bisa melewati portal yang memiliki tinggi maksimal 2,1 meter.

Kemudian mencoba meletakkan koper di roofbox, Whala Toba sanggup menampung dua koper berukuran 20-21 inci dan satu koper berukuran 18 inci. Tentu tambahan ini sangat membantu para pemudik yang cukup banyak membawa barang bawaan.

Namun sebaiknya para pemudik tetap memperhatikan barang bawaan, dan membawa barang mudik secukupnya. Agar perjalanan mudik tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.


(UDA)