Tips Mudik Aman

Mudik Naik Motor, Jangan Bawa Barang Berlebih

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 13 Jun 2017 09:34 WIB
tips mudik
Mudik Naik Motor, Jangan Bawa Barang Berlebih
Satu keluarga pemudik bermotor sedang beristirahat di tepi Jalur Pantura, Indramayu, Jawa Barat, pada arus mudik lebaran 2016. MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang musim lebaran, juga sebagai suatu pertanda bagi para pemudik untuk kembali ke kampung halaman mereka masing-masing. Namun, untuk kembali ke daerah asalnya, para pemudik motor wajib memperhatikan barang bawaannya.

Bagi para pemudik, khususnya kendaraan roda dua diimbau untuk selalu berhati-hati dalam perjalanan. Terpenting untuk tidak membawa barang bawaan yang melebihi muatan. Agar tidak mengganggu saat Anda mengendarai sepeda motor.

"Sepeda motor kendaraan yang paling labil karena hanya memliki dua roda, sehingga keseimbangan menjadi penting,” jelas Iskandar Abbubakar Ketua Global Safety Partnership Indonesia, saat ditemui Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa wakut lalu.



Selain memakan tempat, barang bawaan yang Anda bawa akan membuat kerja kendaraan ikut bertambah dan yang pasti jumlah konsumsi bahan bakar pasti ikut bertambah. Selain itu risiko bawaan terlepas, bisa saja terjadi dan hal itu sangat berbahaya bagi kendaraan lain.

"Masalah utama dari sepeda motor adalah tidak ada kabin yang melindungi, begitu terjadi kecelakaan maka langsung ke orangnya,”  jelas Iskandar.

Bagi pemudik motor dihimbau agar selalu mengutamakan keselamatan di jalan, dengan tidak membawa barang muatan yang berlebihan.

Pilih dan pilah barang bawaan yang benar-benar penting untuk Anda bawa, agar tidak menganggu konsentrasi berkendara. Keselamatan Anda adalah hal penting bagi keluarga yang menanti di rumah.
 


(UDA)