Safety Riding

Kampanye Perilaku Aman di Jalan Raya, Wajib Sejak Usia Dini

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 04 May 2017 15:00 WIB
safety riding
Kampanye Perilaku Aman di Jalan Raya, Wajib Sejak Usia Dini
Fokus penanaman ilmu berkendara aman pada sekolah-sekolah. Astra Motor Jateng

Metrotvnews.com, Semarang: Saat ini sering kita melihat anak di bawah umur sudah mengendarai sepeda motor sendiri. Mereka berkendara hanya bermodalkan skill, tanpa ada pemahaman tinggi akan peraturan lalu lintas.

Untuk itulah perlu adanya pendidikan lalu lintas sejak usia dini, agar kelak di usia matang bisa berkendara dengan empati dan simpati terhadap sesama pengguna jalan. Pendidikan lalu lintas dan berkendara aman itu coba dilakukan Astra Motor Jateng (Jawa Tengah).

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2017 silam, 70 anak dari TK Futuhiyyah Kudu, Semarang mendapatkan ilmu berkendara aman sejak dini. Tim Safety Riding Astra Motor Jateng sudah menyulap halaman kantor main dealer menjadi tempat pelatihan yang mumpuni.

Fasilitas yang disediakan menyerupai yang ada di taman lalu lintas, dimana tersedia marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, otopet lengkap bersama helm dan rompi keselamatan, serta pin-pin petunjuk guna mengajarkan aman berkendara di jalan raya.

Safety Riding Analyst Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, mengingatkan kembali bahwa isu aman berkendara di jalan raya, tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Pasalnya 80% kecelakaan di jalan raya terjadi akibat faktor kelalaian pengendara.

"Oleh karena itu, di Jateng, pelatihan aman berkendara kami fokuskan ke dunia pendidikan. Baik usia dini, menengah, dan maupun lanjut. Melalui dunia pendidikan virus ini bisa cepat disebarkan. Selain itu, sekolah merupakan tempat pembentukan karakter serta budaya seseorang,” ujar Oke.

Tahun ini, Astra Motor Jateng menargetkan ada 147 kegiatan pelatihan safety riding, dengan target peserta sebanyak 12.180 orang. Lebih dari 65% dari target pelatihan tersebut, dialokasikan untuk lembaga pendidikan.


(UDA)