Tips Knowledge

Waspadai Risiko saat Mengganti Headunit di Mobil

Ekawan Raharja    •    Selasa, 11 Dec 2018 11:28 WIB
tips mobilperawatan kendaraantips knowledge
Waspadai Risiko saat Mengganti <i>Headunit</i> di Mobil
Ada sejumlah risiko jika mengganti headunit bawaan dengan produk aftermarket. Hyundai

Jakarta: Pergantian headunit sudah lazim dilakukan oleh para pemilik mobil. Biasanya mereka ingin mendapatkan headunit yang lebih canggih dengan lebih banyak fitur.

Namun Anda patut waspada ketika melakukan penggantian komponen incartainment tersebut. Laman resmi Hyundai menjelaskan, mengganti komponen untuk menghibur penumpang di kabin itu bisa berbahaya jika tidak dilakukan oleh tangan-tangan ahli.

Dalam laman tersebut tertulis bahwa, penggantian komponen ini tidak selalu mudah dilakukan. Lantaran desain dasbor tempat memasang headunit yang semakin bervariasi. Selain itu, instalasi juga harus dilakukan dengan benar, agar tidak terjadi hubungan pendek yang dalam kondisi terburuk memungkinkan terjadi kebakaran.

Pemasangan headunit mobil harus memperhatikan semua kabel dan soket yang ada. Selain itu, mobil-mobil baru sekarang ini banyak headunit yang sudah menggunakan rangka sehingga tidak mudah untuk menggantinya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah dengan pengaturan audio dari setir. Jika headunit diganti dengan produk aftermarket, maka berisiko audio steering control tidak berfungsi normal. Tidak semua mobil mudah untuk dikoneksikan dengan steering control dari headunit ke setir.

Selain susah membongkarnya, pemasangannya juga tidak bisa sembarangan. Karena jika salah pasang malah bisa menghanguskan garansi mobil. Karena head unit ini menyangkut ke sistem kelistrikan yang memiliki risiko cukup besar jika asal pasang.

Masih berpikir untuk mengganti headunit? Silahkan cari bengkel terpercaya yang memang sudah berpengalaman.


(UDA)