Safety Riding

Cermati Cara Aman Berputar Arah

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 03 Feb 2017 09:21 WIB
safety riding
Cermati Cara Aman Berputar Arah
Berputar arah harus waspada dan perhatikan kondisi sekitar. Viisordown

Metrotvnews.com: Berkendara sehari-hari, pastilah kerap melakukan putar arah. Momen putar arah ini akan menjadi berbahaya jika kita tidak waspada dan tidak yakin. Tentu pernah lihat pengendara 'hijau' yang masih suka kagok saat berputar arah bukan?

Dituliskan Visordown, berputar arah merupakan manuver kecepatan rendah yang sebenarnya sangat dasar dalam berkendara. Meski ada beberapa momentum yang mengharuskan berhenti sejenak untuk menunggu kendaraan dari arah berlawanan agak sepi.

Berikut adalah tips aman berputar arah. Pertama perhatikan kondisi lalu lintas. Anda akan memasuki jalur berkendara baru dan butuh waktu untuk bermanuver, pastikan sekeliling aman.

Pandangan melihat ke arah tujuan, ini seperti halnya melewati tikungan. Lalu gunakan kopling dan rem belakang untuk mengontrol kecepatan motor. Hindari rem depan karena akan mengganggu keseimbangan.

Kemudian jika kesempatan sudah ada, jangan ragu-ragu untuk memiringkan motor agar radius putar lebih kecil dan tidak melebar. Dan terakhir, meski berputar arah terlihat sepele, tak ada salahnya untuk melatih kemampuan lagi.


(UDA)