Perlengkapan Berkendara

Cegah Mogok, Waspadai Jalur yang Digenangi Air

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 12 Oct 2017 11:09 WIB
perlengkapan berkendara
Cegah Mogok, Waspadai Jalur yang Digenangi Air
Musim hujan, bikers butuh persiapan khusus. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbicara mengenai faktor penyebab kecelakaan, salah satunya adalah lingkungan. Mulai dari kondisi jalan, kabut, hujan dan faktor lainnya. Masuk musim hujan seperti saat ini, tentunya ada hal yang harus dipersiapkan bikers. Tak hanya perlengkapan berkendara, namun juga genangan air yang bisa saja jadi jebakan.

Hindari permukaan jalan yang berlubang dan genangan air yang cukup tinggi. "Kita tidak mengetahui adanya lubang atau batu di dalam genangan air tersebut yang akan mencelakakan kita," ujar Asep Wawan Hernawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora.

Namun jika terpaksa melewati genangan air, tindakan yang harus dilakukan yakni berhenti terlebih dahulu untuk melihat dan mengukur perkiraan kedalaman air. Bila ketinggian air tidak melebihi ujung lubang knalpot dan arusnya lambat berarti aman untuk dilalui.

Kemudian pertahankan kecepatan rendah secara konstan saat melewati genangan air, khusus untuk motor type sport dan bebek gunakan gigi rendah. Usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan lain agar sepeda motor tidak terhenti di tengah genangan dan tidak menurunkan putaran gas selama melewati genangan. 

"Tidak disarankan untuk memaksakan melewati genangan air yang lebih tinggi dari ujung lubang knalpot, dan jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi. Lebih baik cari jalur atau jalan lain yang tidak tergenang air hujan," pungkas Asep.

Hal lain yang bisa dilakukan saat berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan adalah pengendara disarankan mempersiapkan jas hujan. Adapun jenis jas hujan untuk pengendara sepeda motor yang baik adalah jenis baju celana, tidak disarankan memakai jas hujan jenis ponco.


(UDA)