Tips Knowledge

Kasar Pakai Transmisi Matic, Bisa Merusak Sensor Kunci

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 03 Nov 2017 10:25 WIB
tips knowledge
Kasar Pakai Transmisi Matic, Bisa Merusak Sensor Kunci
Sensor kontak mobil matic Honda Jazz 2005. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika menggunakan mobil transmisi otomatis. Salah satunya soal tuas P untuk parkir dan syarat untuk mencabut kunci kontak. Bengkel Fahmi Jaya Motor di Bekasi Timur, Jawa Barat, punya pengalaman menarik soal itu. Fahmi pernah menemukan kunci kontak Honda Jazz transmisi otomatis 2005 tak bisa dicabut, meski tuas transmisi berada di P. 

“Beberapa waktu lalu saya memperbaiki Jazz transmisi otomatis 2005. Keluhannya kunci kontak tidak bisa dicabut. Setelah saya periksa, sensor kunci kontak yang terletak di bawah tuas transmisi rusak,” kata Fahmi, sang pemilik bengkel kepada Metrotvnews.com beberapa waktu lalu.

Menurut Fahmi, kerusakan sering terjadi akibat pemakaian yang kasar. Selain itu, pengemudi kerap tidak pas memasukkan tuas ke posisi P. Bisa juga karena kurang pas menekan tombol yang ada di tuas sehingga bikin rusak sensor kunci kontak. Ini juga berlaku untuk semua jenis mobil atau merek lain.

Lebih lanjut Ia membeberkan, untuk memperbaiki kerusakan ini tidak membutuhkan waktu lama. Namun harga komponen sensor kunci kontak tersebut lumayan mahal.

“Saya sempat memeriksa ke toko spareparts untuk sensor Honda Jazz 2005 transmisi otomatis. Harganya sekitar Rp3,5 juta-Rp4 juta. Mahal karena tidak bisa beli terpisah. Harus satu set. Saya menyarankan kepada pengemudi untuk lebih memahami cara menggunakan mobil transmisi otomatis. Penggunaan yang kasar bisa merusak dan memperpendek usia pakai komponen," tutup Fahmi.


(UDA)