Tips Knowledge

'Haram' Injak Pedal Rem Mobil Matic Pakai Kaki Kiri

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 05 Sep 2018 10:42 WIB
tips knowledge
'Haram' Injak Pedal Rem Mobil Matic Pakai Kaki Kiri
Jangan menginjak pedal rem menggunakan kaki kiri pada mobil matic. Driversedguru

Jakarta: Tak sedikit pengemudi yang punya kebiasaan buruk ketika berada dalam kendaraan. Salah satunya kebiasaan menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal rem saat menggunakan mobil bertransmisi otomatis/matic.

Mus Mulyadi, kepala bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, mengingatkan, cara seperti ini harus dihentikan karena bisa menimbulkan missed feeling dan berbahaya. Selain itu, menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan bisa merusak transmisi matic karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.

Jika yang sudah terbiasa menggunakan mobil transmisi manual, kaki kiri terbiasa menginjak tuas sangat dalam. Nah, jika melakukan hal serupa saat menggunakan mobil matic ditakutkan mobil berhenti secara mendadak dan membahayakan diri sendiri serta orang lain.

Lebih lanjut Mus menerangkan, bahwa kadar feeling antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman sangat berbeda. Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk selalu menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian saat mengemudikan mobil matic.

"Banyak pengguna matic merupakan peralihan dari mobil transmisi manual. Sehingga kaki kiri lebih terbiasa untuk menginjak pedal kopling," kata Mus kepada Mecom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Agar lebih aman dan nyaman saat berkendara, sebaiknya menempatkan kaki sesuai fungsi/tugasnya di pedal-pedal pengoperasian mobil, itu adalah tindakan terbaik. Sehingga tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.


(UDA)