Safety Driving

Cek Jok Belakang Sebelum Meninggalkan Mobil

Ekawan Raharja    •    Selasa, 29 Aug 2017 16:20 WIB
safety driving
Cek Jok Belakang Sebelum Meninggalkan Mobil
Jangan sampai ada yang tertinggal di jok belakang, khususnya anak kecil karena dapat menyebabkan kematian. JLR

Metrotvnews.com: Sebelum meninggalkan mobil, baik karena sudah sampai di tujuan atau alasan apapun, pengemudi wajib memeriksa jok belakang. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantaran di Amerika Serikat baru-baru ini membuat aturan berupa Hot Cars Act of 2017. Aturan ini memerintahkan produsen mobil untuk membuat pengingat kepada pengemudi untuk memeriksa jok belakang sebelum meninggalkan mobil.

Pemerhati Keselamatan Anak di Rumah Sakit Philadelphia, Dr Aditya Belwadi, sangat mengapresiasi pemerintah karena membuat peraturan tersebut. Hanya saja dia yakin penerapannya akan lama karena pemasangan fitur tersebut di seluruh mobil bakal memakan waktu yang cukup lama.

"Jika kamu membawa teknologi baru sekarang, itu akan memakan waktu bertahun-tahun sebelum semua mobil mendapatkannya," ujarnya seperti di kutip dari Carscoops.

Menurut dia yang paling penting adalah kesadaran orang tua untuk memeriksa kondisi anak di jok belakang sebelum meninggalkan mobil. Sehingga tidak ada anak-anak yang tertinggal ataupun sengaja ditinggalkan dengan berbagai alasan dengan kondisi mobil tertutup rapat.

Dr Aditya Belwadi berbicara hal tersebut karena terkait jumlah anak yang meninggal setiap tahunnya akibat tertinggal di mobil. Setiap tahunnya rata-rata anak-anak meninggal mencapai 37 orang akibat ditinggal/tertinggal di dalam mobil.

Sebelum Pemerintah Amerika Serikat menelurkan peraturan Hot Cars Act of 2017, beberapa pabrikan otomotif sudah membuat fitur ini. GMC dan Nissan sudah memperkenalkan fitur rear door alert untuk beberapa mobil mereka. Fitur ini bekerja jika di awal perjalanan terjadi aktivitas membuka pintu belakang, dan alarm akan bereaksi jika di akhir perjalanan tidak ada aktivitas menbuka pintu belakang.




(UDA)