Safety Riding

Aman Berkendara, Perhatikan Lima Hal Mudah Ini

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 25 Apr 2017 11:46 WIB
safety riding
Aman Berkendara, Perhatikan Lima Hal Mudah Ini
Perhatikan kondisi sekeliling agar biker aman saat berkendara. MTVN/A Harry Budiawan

Metrotvnews.com: Kelengkapan dan kesiapan biker berkendara menjadi salah satu faktor keamanan saat di jalan raya. Namun selain itu kondisi sekeliling juga perlu diperhatikan. Untuk itu ada triknya, seperti yang dilansir dari Motorcyclist. Berikut ini beberapa tips aman berkendara sepeda motor.

Perhatikan zona ruang berkendara
Pilih jalur yang mampu membawa Anda ke area terbuka. Dengan begitu pengendara lain bisa melihat Anda dengan mudah. Ini berarti jangan membuntuti mobil serta berkendara terlalu ke kiri atau ke kanan.

Bergerak di Satu Jalur
Sebaiknya pengendara motor tidak sering pindah jalur. Hal ini untuk mencegah efek blind spot. Pantulan sinar lampu di kaca spion akan membantu pengendara lain mendeteksi keberadaan pemotor.

Gunakan Warna Cerah
Menggunakan perlengkapan berkendara dengan warna cerah seperti hijau muda, jingga, dan merah ternyata ikut menyelamatkan nyawa. Akan lebih baik jika ada material reflektif di perlengkapan yang digunakan.

Bersuara
Gunakan klakson sebagai alak berkomunikasi dengan pengendara lain. Untuk jenis mode dengan suara yang lantang, biasanya dengan cara membetot tuas gas, sudah bisa memberikan sinyal kepada pengemudi atau pengendara lain. Tapi sebaiknya tidak dilakukan sesering mungkin, mengingat cara ini bisa saja dianggap sebagai arogansi di jalan raya.

Selalu Siaga
Bersiap melakukan manuver kala dibutuhkan. Selain itu, pastikan pandangan Anda secara luas. Lalu, berkendara dengan kecepatan sewajarnya. 


(UDA)