Tips Mudik Aman

Peralatan yang Wajib Ada di Mobil Selama Mudik

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 20 Jun 2017 07:25 WIB
tips mudik
Peralatan yang Wajib Ada di Mobil Selama Mudik
Siapkan peralatan atau perlengkapan mobil agar aman selama mudik. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Libur lebaran sudah di depan mata, bahkan sebagian masyarakat sudah ada yang mulai mudik lebaran menggunakan kendaraan pibadi. Sebelum berangkat, pastikan bahwa mobil dalam kondisi siap pakai. Jangan lupakan membawa peralatan yang diperlukan jika terjadi kondisi darurat.

Mus Mulyadi, kepala bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, mengingatkan yang terpenting mengenai peralatan atau perlengkapan yang wajib ada di mobil selama mudik.

1. Ban Cadangan dan Dongkrak
Kondisi jalan tidak bisa ditebak, jadi jangan berjudi dengan tidak membawa ban cadangan, termasuk dongkrak untuk proses penggantian ban. Ingat periksa dulu kondisi ban cadangan, cek ketebalan dan tekanan anginnya.

2. Toolkit
Membawa toolkit juga penting, perjalanan jauh banyak kejadian tidak terduga. Seperti melepas ban yang kempis. Toolkit standar bawaan mobil sudah cukup, tapi akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan obeng, tang, kabel jumper, tali strap, lampu senter dan kunci ring/pas.

3. Segitiga Darurat
Terlihat sepele dan jarang digunakan para pemilik mobil ketika mengalami kendala. Benda ini berfungsi sebagai penanda bagi pengendara lain kalau ada mobil yang tengah berhenti. Letakkan segitiga darurat 50 meter di belakang mobil Anda dan nyalakan lampu hazard.

4. Sekring Cadangan
Sekring punya fungsi sebagai pengaman kala terjadi konsleting pada mobil. Biasanya sekring lampu dan power window yang kerap putus. Persiapkan sekring sesuai dengan tipe sekring yang digunakan, dengan melihat data di rumah sekring.

5. Kotak P3K
Membawa keluarga menempuh perjalanan jauh, harus mempersiapkan segalanya termasuk obat-obatan. Untuk itulah kotak P3K jangan sampai tertinggal. Perhatikan masa kadaluarsa pada kotak P3K, ganti dengan yang baru jika perlu.

6. Charger
Pengisi daya baterai handphone saat ini sudah tak bisa dilepaskan dari mobil. Karena dengan handphone yang semakin pintar, Anda juga bisa mengetahui kondisi jalur mudik, jalan alternatif serta info-info penting lainnya seperti nomor telepon hotline service atau bengkel resmi di sepanjang jalur mudik.


(UDA)