Tips Mudik Aman

Bawa Mainan, Cegah Si Kecil Bosan saat Perjalanan Mudik

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 20 Jun 2017 10:25 WIB
tips mudik
Bawa Mainan, Cegah Si Kecil Bosan saat Perjalanan Mudik
Agar si kecil tak bosan selama perjalanan mudik. Kidsdotravel.co.uk

Metrotvnews.com, Jakarta: Mudik lebaran ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi bersama keluarga tercinta memang hal yang menyenangkan, namun bagi Anda yang membawa si kecil perlu persiapan ekstra, terutama untuk membawa perlengkapan yang bisa menghibur si kecil dalam perjalanan yang panjang.

Untuk itu, Instruktur Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra, berbagi tipsnya tentang apa saja yang perlu Anda bawa dan menjadi cara terbaik untuk membuat si kecil menikmati perjalanannya.

1. Buku mewarnai penting untuk Anda bawa selama perjalanan. Anak Anda akan disibukkan dengan aktivitas mewarnai sehingga dia tidak mudah bosan. Selain itu, Anda juga bisa membawa beberapa kartu untuk permainan dan kertas origami.

2. Membawa mainan juga penting. Anda hanya perlu membawa sedikit mainan yang dapat digunakan di atas pangkuannya seperti mobil-mobilan atau boneka Barbie. Tidak perlu mainan baru, Anda bisa membawa mainan lama mereka dan membungkusnya seperti mainan baru. Karena dengan begitu buah hati Anda akan merasa senang dan terhibur dengan hadiah Anda.

3. Anda juga bisa menyiapkan beberapa buku cerita untuk menemani si kecil. Anak Anda akan antusias dengan buku-buku yang dibacanya. Dan ada juga bisa menceritakan kisah di dalam buku tersebut seperti kisah nyata sehingga buah hati Anda akan selalu tenang dalam perjalananya dengan cerita-cerita yang dia dapatkan.

4. Beberapa stiker juga bisa membuat si kecil menjadi terhibur selama perjalanannya. Stiker dengan bentuk lucu dan unik bisa Anda berikan kepadanya. Tentu tidak hanya stiker saja, Anda juga perlu menyiapkan kertas untuk alas menempelkan stiker anak Anda.

5. Anda juga dapat menyiapkan film dengan mengunduh beberapa film favoritnya pada gadget Anda. Apabila anak Anda menyukai kartun, segera mengunduh beberapa film itu sebelum melakukan perjalanan mudik. Anak Anda dipastikan akan menikmati film tersebut dan mengabaikan rasa bosan saat perjalanan panjangnya.

6. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan beberapa makanan ringan kesukaan si kecil. Jika bisa, Anda menyiapkan makanan yang dingin agar saat cuaca panas bisa membuat anak Anda tidak rewel. Makanan yang Anda bawa juga haruslah makanan sehat.

Ketua Umum Ikatan Dokter Abak Indonesia (IDAI), DR Dr Rini Sekartini, Sp.A(K) menyarankan, jangan lupakan obat-obatan sederhana seperti obat batuk, obat demam, dan obat diare; tiga penyakit yang paling sering dialami anak saat dalam perjalanan selain flu dan pilek.

"Untuk perjalanan darat menggunakan mobil, usahakan istirahat setiap tiga jam karena suhu dalam mobil yang dingin, sediakan camilan yang tinggi karbohidrat agar perut tetap terisi. Sementara, makanan siap saji untuk bayi juga bisa dijadikan pilihan," papar Rini, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara, makanan siap saji untuk bayi juga bisa dijadikan pilihan. Menurutnya, makanan siap saji yang tinggal diseduh justru lebih aman daripada membeli di luar atau di jalan, dan sediakan camilan yang tinggi karbohidrat agar perut tetap terisi.


(UDA)