Tips Mobil

Seberapa Penting Mobil Masuk Salon?

Ekawan Raharja    •    Kamis, 17 Nov 2016 13:06 WIB
tips mobil
Seberapa Penting Mobil Masuk Salon?
Mobil juga harus rutin di bawa ke salon untuk menjaga penampilannya. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Merawat mobil harus dilakukan secara rutin. Tujuannya untuk menjaga performa terbaik mobil kesayangan Anda. Namun tak melulu merawat sektor mesin. Penampilannya juga harus dirawat agar enak di pandang mata.

Memelihara kebersihan mobil bisa mencegah kerusakan. Setidaknya itu yang ditegaskan Petugas Shine Auto Wax, Arya. Menurut Arya, mobil sebaiknya dimasukkan ke salon 2-3 bulan sekali. Intensitasnya bisa meningkat pada saat cuaca sedang ekstrem.

"Jika mencuci sendiri dan tidak ke salon mobil, kadang masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel. Apalagi kalau mencucinya sembarang. Cat mobil malah bisa kusam,” ujar Arya seperti dilansir dari website resmi Hyundai.

Jika memang mobil Anda sudah sangat kotor, sebaiknya dibawa ke salon mobil. Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat. 

Saat berada di salon mobil, eksterior bakal dibersihkan dengan teliti. Maklum, bagian ini sangat rentan dengan jamur, cat kusam, cipratan aspal,  jalan berlumpur, dan air hujan. Teknik pencucian mobil yang salah juga kadang membuat cat mobil menjadi kusam dan kotor.

Setelah itu, bagian mesin (Engine Compartmen Cleaning) juga dibersihkan. Petugas salon mobil akan membersihkan bagian yang meliputi bagian mesin. Dari yang gampang hingga bagian yang susah dijangkau. Tujuannya membersihkan mesin dan ruangan mesin dari kotoran-kotoran yang berasal dari pembakaran, sisa-sisa oli yang mengerak, serta debu yang menempel.

Kaca tak luput dari perhatian. Bagian untuk visibilitas ini dibersihkan dari jamur, lemak, flek-flek kotoran akibat hujan asam, serta debu yang membandel.

Bagian terakhir yang dibersihkan adalah body dan pelek. Debu dan kotoran aspal bisa membuat kedua bagian tersebut kotor dan mengakibatkan baret halus jika tidak dibersihkan dengan baik dan benar.

Beragam keuntungan bisa Anda dapat jika ke salon mobil. Tertarik melakukannya?


(HIL)