Tips Knowledge

Jangan Tunggu Rem Blong, Cermati Waktu Tepat Ganti Minyak Rem

Ekawan Raharja    •    Kamis, 21 Feb 2019 13:18 WIB
tips mobiltips knowledge
Jangan Tunggu Rem Blong, Cermati Waktu Tepat Ganti Minyak Rem
Di sistem rem hidrolik, jika tidak ada minyak rem, sistem tidak akan bekerja meski pedal rem sudah diinjak berulang. Wikipedia

Jakarta: Sekarang ini banyak pemilik mobil yang memperhatikan kondisi rem dengan melihat komponen-komponen yang terlihat seperti piringan cakram atau juga master rem. Padahal minyak rem juga mesti diperhatikan juga meski kondisinya tidak bisa dilihat secara sekilas.

Di sistem rem hidrolik, jika tidak ada minyak rem, sistem tidak akan bekerja meski pedal rem sudah diinjak berulang dan sekeras mungkin. Di sepeda motor rem cakram tidak akan bekerja meski tuas sudah di tekan sekuat-kuatnya. Bisa dibilang tanpa minyak rem, sistem pengereman tidak akan bekerja sempurna atau malah menjadi rem blong.

Sama seperti komponen lainnya, minyak rem wajib diganti secara berkala. Kewajiban mengganti minyak rem ini disebabkan karena kadungan minyak rem terdapat zat aditif yang memiliki masa kadaluarsa.

Selain itu, terlambat atau malas mengganti minyak rem bisa menyebabkan kerusakan di bagian seal master. Kondisi ini jelas berbahaya karena bisa menyebabkan kendaraan hilang kendali (rem blong). Minyak rem mengandung sejumlah zat yang bisa merusak bodi saat terjadi kebocoran.

Menurut laman resmi Suzuki, minyak rem ini harus diganti yang idealnya dilakukan per 20.000 sampai 30.000 Kilometer. Untuk biayanya, biasanya hanya sekitar Rp 30-50 ribuan saja. Harga ini biasanya sudah termasuk ongkos pasang dan minyak rem yang baru.

Ketika memilih minyak rem, pastikan juga memenuhi beberapa standar menentukan kualitas minyak rem bagus atau tidak. Seperti memiliki nilai titik didih yang tinggi agar tidak mudah menguap dan menimbulkan bulit-bulit udara, harus dilengkapi dengan fitur khusus untuk mencegah timbulnya karat atau korosi, harus ramah terhadap karet seal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran, dan beberapa syarat lainnya.

gar perangkat rem bisa bekerja lebih maksimal, sangat disarankan untuk melakukan servis secara menyeluruh, termasuk membersihkan, mensetting ulang, memeriksa bagian piston, kaliper dan karet. Pastikan perawatan ini dilakukan oleh mekanik profesional di bengkel resmi atau bengkel yang sudah terpercaya.


(UDA)