Cara Aman Cuci Motor Pakai Air Bertekanan

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 04 Sep 2016 09:49 WIB
tips motor
Cara Aman Cuci Motor Pakai Air Bertekanan
Perhatikan bagian sensitif air saat cuci motor biar gak mogok. Motorcyclevalley

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim hujan mewajibkan biker harus ekstra waspada. Lantaran motor akan sering kotor, maka saat mencuci motor pun harus memperhatikan bagian-bagian yang vital. Apalagi untuk penggunaan penyemprot air bertekanan. Ini penting agar jadi masalah baru yang bikin runyam.

Penyemprotan air bertekanan hanya boleh dilakukan pada bagian-bagian bodi kendaraan, terutama bagian spakbor. Jangan sekali-sekali menyemprotkan air bertekanan pada bagian mesin. Lantaran air bisa merembet ke bagian-bagian mesin. Seperti bagian kelistrikan, tangki bahan bakar hingga magnet-magnet.

Sebaiknya penyemprotan dilakukan cukup dengan semprotan manual dari selang menggunakan tangan. Tentunya tanpa mesin pemompa khusus. Jadi air yang keluar juga lebih ramah terhadap bagian yang disemprotkan.

Agar lebih efektif dan tampilan sepeda motor menjadi kinclong, ada beberapa cara yang disarankan saat mencucinya. Pertama, khusus pengguna motor bebek atau sport, bersihkan bagian rantai motor terlebih dulu.

Alasannya agar bodi atau bagian yang sudah bersih, tidak akan terkena kotoran dari rantai. Jika bagian ini dibersihkan belakangan, debu dan oli dari rantai bakal mengotori lagi bodi dan bagian yang sudah dibersihkan.

Kedua basahi motor terlebih dulu sebelum membasuhnya dengan air sabun. Ini dimaksudkan agar noda yang telah mengering dan keras, bisa lebih mudah terangkat. Contohnya adalah bangkai serangga yang saat kering susah dibersihkan.


(UDA)