Safety Driving

Risiko Mengemudikan Mobil dengan Alas Kaki High Heels

Ekawan Raharja    •    Rabu, 17 Oct 2018 09:50 WIB
safety driving
Risiko Mengemudikan Mobil dengan Alas Kaki <i>High Heels</i>
Wanita jangan gunakan high heels ketika mengemudi. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan oleh wanita saat mengemudi adalah memakai sepatu high heels (hak tinggi). Padahal memakai sepatu jenis ini bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan selama menyetir.

Menurut laman resmi Suzuki, sepatu yang memiliki hak tinggi tersebut bisa membuat kaki menjadi tidak nyaman saat menginjak gas atau pedal rem. Belum lagi bahaya kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, karena bisa menyebabkan kecelakaan dan cidera.

Jadi tunda dulu keinginan untuk bergaya ketika mengemudi mobil. Saat sudah sampai tujuan atau lokasi baru ganti alas kaki dengan sepatu hak tinggi.

Saat mengemudi pakailah sepatu atau alas kaki biasa saja yang secara fungsi lebih aman dan nyaman. Perlu diingat, jangan juga menyetir tanpa memakai alas kaki karena hal tersebut bisa sangat berbahaya.

Kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, tidak memakai alas kaki bisa memperparah kondisi cidera, seperti tertusuk besi yang terdapat di sekitar pedal rem atau gas. Jadi wajib memakai pakai alas kaki saat mengemudi.

Jangan lupa juga untuk memastikan di sekeliling ruang kaki terbebas dari sepatu atau sandal yang selain dipakai. Hal ini penting diperhatikan karena saat melakukan pengereman secara mendadak, mungkin saja benda-benda tersebut menjadi penghalang pedal rem.


(UDA)