Tips Perawtan Motor

Tarikan Berat, Tanda V-Belt Motor Matic Minta Ganti

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 19 Nov 2018 12:22 WIB
perawatan kendaraantips knowledge
Tarikan Berat, Tanda V-Belt Motor Matic Minta Ganti
Perhatikan usia pakai V-belt biar tidak putus saat di jalan. Mecom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Banyak orang yang tidak awas dengan kondisi CVT pada motor matik, terutama bagian belt. Jangan sampai belt putus dan kemudian menggangu perjalanan.

Eko, mekanik AHASS Nusantara Motor, menjelaskan kondisi belt pada CVT bisa dirasakan. Paling mudah merasakan melalui akselerasi motor saat berjalan.

"Belt di CVT sudah tidak bagus berpengaruh pada tarikan motor. Kalau sudah kendor apalagi, kurang responsif tarikannya," jelas Eko saat ditemui di bengkelnya yang berada di bilangan Bekasi.

Senada dengan Eko, Madun dari bengkel Seroja Jaya Motor juga mengutaran hal yang sama. Bahkan dia menjelaskan bahwa ada komponen CVT yang sudah tidak bagus akan berpengaruh pada performa motor.

“Kerusakan pada komponen CVT umumnya berefek pada tarikan dan performa skutik. Tentu berefek juga pada konsumsi bensin yang makin boros,” kata Madun pada kesempatan berbeda.

Penyakit yang biasanya dialami dengan CVT belt adalah kondisinya yang melar. Kondisinya yang selalu berputar dan bergesekan dengan komponen lain, membuat komponen yang terbuat dari karet ini menjadi melar.

Kemudian penyakit yang lainnya adalah belt CVT putus. Kondisi panas di dalam CVT dapat membuat belt retak-retak dan lama kelamaan menjadi putus.

Jadi tidak ada salahnya segera memeriksakan CVT motor matik kesayangan anda jika tidak pernah diperiksakan sebelumnya.


(UDA)