Komponen Otomotif

Musim Hujan Tiba, Waktunya Cek Komponen Mobil

Ekawan Raharja    •    Minggu, 23 Dec 2018 13:55 WIB
tips mobiltips knowledge
Musim Hujan Tiba, Waktunya Cek Komponen Mobil
Ada beberapa komponen yang harus diperiksa di musim hujan ini. Mazda

Jakarta: Beberapa waktu lalu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat, menyampaikan bahwa Peningkatan curah hujan diprediksi akan terjadi pada sebagian besar wilayah Indonesia, artinya akan banyak sekali daerah yang terguyur hujan. Mengemudi di tengah guyuran hujan apalagi guyuran lebat disertai kondisi gelap memerlukan trik-trik agar keamanan dan kenyamanan berkendara tetap bisa anda nikmati.

Pemilik mobil harus cermat memeriksa beberapa komponen mobil, karena jika kondisinya tidak baik akan mengganggu keamanan dan kenyamanan mengemudi disaat hujan mengguyur. Astra World merangkum beberapa komponen-komponen mobil yang perlu diperiksa kembali yaitu

Kembangan Ban
Pengemudi wajib memeriksa ban ketika musim hujan tiba. Jika sudah tipis maka akan licin saat digunakan dan bisa menimbulkan slip atau kehilangan arah, khususnya di jalan yang tergenang air.

Yang dimaksud licin disini adalah ban tidak menapak sempurna di bidang jalan karena adanya air. Air di bawah ban ada karena ban tidak mampu memecah air dengan sempurna akibat tipisnya/tidak ada alur dipermukaan ban.

Wiper dan air wiper
Wiper dan air wiper sangat penting untuk menjaga jarak pandang pengemudi pada saat berkendara di tengah guyuran hujan. Cara pengecekannya, hidupkan washer sehingga air wiper membasahi kaca.

Apabila karet wiper dalam kondisi baik, air akan tersapu bersih dan tidak meninggalkan sisa buliran air di kaca. Agar proses pembersihan kaca mobil lebih cepat dan maksimal, maka gunakan air wiper untuk lebih bersih.

Lampu-lampu



Komponen ini berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengemudi lain saat mengemudi di jalan. Yang perlu dicek adalah lampu kecil, sign lamp, head lamp atau lampu besar, dan lampu rem (stop lamp).

Kalau menemukan salah satu lampu mati, segera perbaiki agar komunikasi dengan pengemudi lain tidak terganggu. Sebagai info tambahan, jangan menyalakan lampu hazard saat hujan deras. Cukup menyalakan lampu kecil apabila mengemudi saat hujan di siang hari, atau lampu besar bila hujannya sangat lebat.

Pendingin udara atau Air Condition (AC)
Saat berkendara pada musim hujan, pendingin udara atau AC harus dalam kondisi prima agar saat dinyalakan tidak menimbulkan embun di kaca bagian dalam, akibat perbedaan suhu udara di dalam kabin dengan suhu udara diluar kabin. Kaca mobil yang berembun akan mengganggu pandangan pengemudi.

Disamping memeriksa kondisi komponen mobil, sebagai pengemudi juga harus meningkatkan kewaspadaan ketika mengendarai mobil di tengah guyuran hujan, tidak berkendara dalam kecepatan tinggi adalah salah satunya. Tidak kalah pentingnya harus tetap menjaga jarak aman dengan mobil di depan agar bisa mengantisipasi jika kendaraan di depan pindah jalur atau mengerem mendadak.


(UDA)