Tips Merawat Mobil

Waspada Knalpot Bocor, Tenaga Bisa 'Ngempos'

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 05 Jan 2018 08:13 WIB
tips mobiltips knowledge
Waspada Knalpot Bocor, Tenaga Bisa 'Ngempos'
Knalpot yang bocor karena keropos, bisa ditambal dengan las. BP

Jakarta: Kondisi mobil yang kurang bertenaga tidak selalu disebabkan oleh kerusakan komponen di bagian mesin. Knalpot bocor bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi performa mesin.

Menurut Fahmi yang buka bengkel Fahmi Jaya Motor di wilayah Pengasinan, Bekasi Timur, Jawa Barat, jika knalpot mengalami kebocoran, performa mesin otomoatis menurun. Karena secara teknis kebocoran di bagian ini dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan oleh mesin.

Jika sudah begitu, disarankan agar segera memperbaiki knalpot dengan cara mengelas bagian-bagian yang bocor. Tapi pastikan kondisi pipa saluran pembuangan dalam kondisi baik. Artinya tidak banyak bagian yang sudah keropos dan masih memungkinkan dilakukan sistem pengelasan.

Jika banyak yang keropos, baiknya diganti dengan yang baru untuk meningkatkan performa mesin mobil anda. Sementara Mekanik rekanannya yaitu Mislam membeberkan, 25 persen panas yamg dihasilkan oleh mesin dimanfaatkan untuk menjadi tenaga.

Kebocoran knalpot akan mengurangi jumlah untuk tenaga yang disalurkan ke mesin. Maka itu sebabnya mesin terasa tidak bertenaga.

Bocornya knalpot dapat dipicu oleh korosi atau karat serta usia pakai kendaraan. Korosi bisa terjadi akibat adanya perbedaan temperatur di dalam dan luar pipa knalpot, termasuk udara sekitar yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi.


(UDA)