Tips Knowledge

Kenali Komponen Penting Motor Injeksi

Rifki Rahman    •    Kamis, 20 Jul 2017 11:55 WIB
tips knowledge
Kenali Komponen Penting Motor Injeksi
Penting untuk mengenali komponen yang mempengarui sistem injeksi motor. Bikesrepublic

Metrotvnews.com: Seluruh motor produk baru sudah menggunakan sistem mesin injeksi. Keuntungannya sudah pasti mampu meningkatkan tenaga mesin karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen.

Meski demikian, masih ada juga beberapa pengendara yang menganggap semua motor sama. Dalam konteks teknologi sistem pengkabutan bahan bakar dan tidak peduli akan perawatannya. Mereka bahkan cenderung acuh.

Dalam mesin yang memakai sistem injektor atau injeksi sangat membutuhkan perawatan khusus di beberapa komponen. Paling utama adalah sistem kelistrikan. Karena Injeksi sangat bergantung kepada sistem kelistrikan yang berasal dari spul, kiprok, dan aki. Selain itu komponen injeksinya itu sendiri, yaitu pompa bahan bakar, throttle body, injektor hingga ecu.

Pada umumnya kebanyakan pengendara motor hanya mengetahui sumber kelistrikan ada di aki motor, padahal masih ada komponen lain yang membuat kelistrikan motor bekerja semestinya.

Secara alur kerja komponen ini adalah ketika motor menyala, listrik akan digerakkan oleh spul yang terdiri dari 2 macam. Yaitu charge coil (spul) yang mengatur kelistrikan ke aki dan lighting coil yang mengatur kelistrikan ke penerangan.

Setelah itu ada kiprok yang fungsinya menahan arus listik dan sebagai stabiliser arus listrik yang akan disebar ke beberapa bagian seperti aki maupun penerangan. Biasanya kerusakan motor dengan gejala mati total itu diawali dengan kiprok yang tidak bagus lagi.

Kiprok yang tidak bisa bekerja maksimal tidak bisa menahan arus listrik akan membuat aki rusak karena menerima daya di luar daya tampungnya. Komponen terakhir yaitu aki yang fungsinya menyimpan daya listrik yang kemudian disalurkan ke komponen yang membutuhkan listrik.

Sementara untuk sistem injeksi itu sendiri, seperti fuel pump untuk memompa bahan bakar, lalu ada throttle body sebagai saluran utama bahan bakar sebelum masuk ke intake manifold. Ada juga injektor sebagai perancah bahan bakar ke ruang bakar dan terakhir adalah ECU yang berfungsi mengatur aliran dan besaran bahan bakar yang dimasukkan ke ruang bakar.


(UDA)