Tips Knowledge

Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Matic sudah Tipis

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 24 Nov 2017 09:40 WIB
tips knowledge
Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Matic sudah Tipis
Segera ganti kampas rem yang mulai tipis cegah cakram baret. Ebay

Jakarta: Cara kerja pengereman mobil matic berbeda dengan mobil manual. Mobil bertransmisi otomatis cenderung fokus di rem ketimbang deselerasi mesin ketika memperlambat laju. Tak heran kampas rem mobil matic punya usia pakai yang lebih pendek dibanding mobil transmisi manual.

Menurut data kekuatan usia pakai yang telah dianjurkan oleh pabrikan, rata-rata kampas rem mobil matic hanya bisa menempuh jarak hingga 35-40 ribu kilometer. Angka ini berbeda jauh dibanding kampas rem mobil manual yang bisa mencapai jarak 60-70 ribu kilometer

"Kampas rem mobil matic cepat habis karena fungsi pengereman memang terpusat di situ. Selain itu, cara mengemudikan mobil juga sangat berpengaruh besar," kata Fahmi Fahmi yang buka praktik bengkel mobil di Bekasi Timur, Jawa Barat kepada Metrotvnews.com, beberapa wakt lalu.

“Tanda-tanda kampas rem mobil matic sudah tipis atau habis adalah minyak rem di tabung pengisian berkurang (jika tidak ada kebocoran), rem bergetar, terdengar suara gesekan besi dengan besi saat mengerem, dan pedal rem yang semakin dalam,” tambah Fahmi.

Tanda kampas rem mobil matic cepat habis juga bisa terlihat dari sisa kotoran kampas rem yang keluar. Biasanya terlihat dan menempel di pelek mobil. Jika mobil matic berpenggerak roda depan, sisa kotoran kampas rem banyak terlihat di pelek depan. Untuk mobil matic berpenggerak roda belakang, kotoran kampas rem akan terlihat di pelek roda belakang.

Disarankan segera ganti kampas rem mobil matic sudah tipis. Sebab jika cakram mobil tergores, pengereman takkan pakem seperti sedia kala. Selain itu, sudah pasti bakal memperpendek usia kampas rem yang baru dipasang.


(UDA)