Tips Knowledge

Kenali Ragam Karakter Busi untuk Sepeda Motor

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 23 Nov 2017 16:14 WIB
tips knowledge
Kenali Ragam Karakter Busi untuk Sepeda Motor
Mengenal jenis busi pada sepeda motor. AdvanceAutoParts

Jakarta: Busi menjadi salah satu komponen yang menunjang kinerja mesin agar bisa menyala dan bekerja. Dengan peran penting seperti itu, tak ada salahnya jika kita mengenal ragam jenis busi yang biasa dipakai di sepeda motor.

"Pemilihan busi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan. Dengan begitu akan lebih optimal untuk kinerja mesin,' kata Yosi, pemilik bengkel sepeda motor Bengbrand, kepada Metrotvnews.com, di Bekasi, beberapa waktu lalu.  

Busi Standar
Busi standar adalah busi bawaan motor dari pabrikan. Ujung elektroda busi standar terbuat dari bahan nikel, dengan diameter center elektroda rata-rata 2,5 cm. Usia pakai busi ini mencapai 20 ribu km.

Busi Iridium
Busi jenis ini juga disebut dengan busi semi kompetisi. Busi ini banyak digunakan di  sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 150 cc. Ciri fisik busi iridium memiliki diameter elektroda 0,6 mm-0,8 mm. Bagian ujung elektroda terbuat dari nikel. Sedangkan tengah elektroda terbuat dari iridium alloy berwarna platinum buram. Usia pakainya mencapai 50 ribu-70 ribu km.

Busi Platinum

Jika Anda penyuka touring, biasanya akan lebih menyukai jenis busi platinum. Hal ini dikarenakan umur busi mencapai 30 ribu km. Jadi, sangat cocok untuk menempuh jarak jauh. Busi ini mempunyai diameter center elektroda 0,5 mm- 0,8 mm. Sementara itu, ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode terbuat dari platinum.

Busi Resistor
Busi Resistor memiliki ciri fisik berlogo R di bagian bodi. Huruf R di busi tersebut kerap kali diartikan 'racing'. Padahal arti R sebenarnya adalah Resistor yang berfungsi untuk melindungi perangkat elektronik digital, seperti speedometer. 

Busi Racing
Busi Racing punya desain berbeda. Busi ini memiliki diameter center elektroda yang kecil dan meruncing seperti jarum. Jenis ini dirancang khusus menggunakan bahan/material yang tahan terhadap kompresi dan temperatur mesin yang tinggi. Usia pakai mencapai 20 ribu km.


(UDA)