Setir Mulai Berat? Belum Tentu Power Steering Penyebabnya

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 27 Aug 2016 10:44 WIB
tips mobil
Setir Mulai Berat? Belum Tentu Power Steering Penyebabnya
setir yang mulai berat bukan berarti power steering bermasalah. Banas Insurance

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini hampir seluruh mobil sudah dibekali power steering agar kinerja setir lebih ringan. Namun jika setir mulai terasa berat, jangan buru-buru langsung membongkar power steering di bengkel.

Ada tiga hal yang harus diperiksa jika power steering terasa mulai berat. Hal pertama adalah kondisi ban. Kemudi yang terasa berat tidak selalu disebabkan karena power steering yang bermasalah atau komponen-komponennya yang sudah mulai aus, tetapi bisa juga disebabkan karena tekanan udara pada ban yang terlalu rendah. Maka dari itu,kondisi ban harus diperiksa agar sesuai dengan psi yang direkomendasikan oleh produsen mobil.

Kemudian periksa kondisi cairan power steering dan kondisinya. Kekurangan cairan pastinya akan membuat kemudi menjadi kaku, maka dari itu pastikan jumlahnya cukup agar level power steering dalam kondisi yang tepat. Pastikan jika menemukan cairan power steering sudah berwarna gelap disarankan untuk menggantikannya dengan yang baru.

Komponen yang terakhir diperiksa adalah katrol di unit power steering. Cara mengeceknya adalah dengan menekan sabuk tersebut menggunakan ibu jari untuk memeriksa ketegangannya. Pastikan kondisi sabuk tersebut baik, tidak memiliki rumbai-rumbai di bagian tepinya, dan tidak rusak atau retak.

Kerusakan lain yang terjadi pada sistem kemudi bisa juga disebabkan oleh berbagai komponen sistem kemudi, seperti ball joint dan bushing yang sudah aus. Tapi tak ada salahnya memeriksakan ketiga kondisi komponen tersebut jika setir mobil terasa mulai berat.


(UDA)